Kamis, 12 Juli 2018 18:50

Tahu Video 'Pengutilan' Viral, Pelaku Panik dan Buang Barang Bukti

Reporter : Fery Bangkit 
Tiga Orang Pelaku Yang Yang Berinisial Ayu Apriyanti (51), Noviyanti (26) Dan Ima Nursanti (21) Kini Tengah Menjalani Pemeriksaan Di Mapolsek Cimahi, Jalan Encep Kartawiria, Kamis (12/7/2018).
Tiga Orang Pelaku Yang Yang Berinisial Ayu Apriyanti (51), Noviyanti (26) Dan Ima Nursanti (21) Kini Tengah Menjalani Pemeriksaan Di Mapolsek Cimahi, Jalan Encep Kartawiria, Kamis (12/7/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id - Polsek Cimahi berhasil mengungkap aksi pencurian dua yang dilakukan ibu dan anak di toko 'Fuffy Shop' Cimahi Mall.

Video aksi satu keluarga itu Viral di berbagai media sosial facebook, instagram dan youtube. Tercatat, 'pengutilan' itu dilakukan pada Sabtu (12/7/2018).

Pelaku yang kini tengah menjalani pemeriksaan di Mapolsek Cimahi, Jalan Encep Kartawiria pada Rabu (12/7/2018) bernama Ayu Apriyanti (51, ibu), Noviyanti (26, anak) dan Ima Nursanti (21, anak).

Para pelaku sendiri mengaku sudah mengetahui bahwa aksi jahatnya itu menyebar di media sosial. Pasca mengetahui videonya viral, para pelaku itu mengaku ketakutan.

Hal itu diungkap oleh Kapolsek Cimahi, Kompol Indarto saat ditemui, Kamis (12/7/2018). Dikatakannya, para pelaku langsung membuang barang bukti berupa Tas setelah tahu videonya viral.

"Sudah tau viral sehingga merasa ketakutan, barang (tas) tersebut langsung dibuang," katanya.

Dikatakannya, barang bukti tersebut saat ini dijadikan Daftar Pencarian Barang (DPB) pihaknya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, lanjut Indarto, para pelaku mengakui bahwa orang yang berada dalam video tersebut memang satu keluarga. Katanya, para pelaku spontan melakukan 'pengutilan' dua tas di toko tersebut.

"Dia hanya ingin memiliki tas, gak ada niat. Hanya jalan-jalan ajak cucunya, sampai di Fuffy Shop lalu ambil tas," bebernya.

Dalam video yang viral itu, selain ibu dan dua anak perempuannya, terlihat juga dua anak kecil yang berusia empat tahun, dua anak kecil merupakan cucu dari Ayu.

Kronologisnya, satu keluarga itu masuk ke Fuffy Shop Cimahi Mall dan langsung menyebar untuk melihat koleksi tas di toko tersebut. Mereka berada di toko sekitar 20 menit.

Pelaku Ayu mengambil tas warna coklat hitam dan langsung ditenteng. Aksi Ayu dilakukan ketika perhatian pegawai toko dialihkan pelaku Noviyanti. Kemudian, tas satunya lagi diambil dan diserahkan kepada pelaku Ima ketika pegawai toko melayani pelaku Ayu.

Ima seperti berpura-pura melihat tas lain sambil mengasuh anak kecil. Setelah itu, Ayu dan Noviyanti dan satu anak keluar toko. Sementara Noviyanti masih di toko, lalu menyusul keluar beberapa menit kemudian.

Adapun kerugian pemilik toko hanya Rp500.000. Sedangkan pasal yang disangkakan Pasal 363 KUHP tentang Tindak Pidana Pencurian dengan Pemberatan. Ancaman hukumanya mencapai tujuh tahun.

Baca Lainnya