Senin, 18 September 2017 22:57

Polisi Temukan 4 Ton Diduga Bahan Baku Tablet PCC

Reporter : Fery Bangkit 
Bahan baku untuk pembuatan tablet PCC  sekitar  4 ton diamankan polisi.
Bahan baku untuk pembuatan tablet PCC sekitar 4 ton diamankan polisi. [limawaktu dok]

limawaktu.id - Direktorat Tindak Pidana Narkotika Bareskrim Mabes Polri mengamankan sejumlah barang bukti yang diduga merupakan bahan baku pembuatan tablet maut pcc.

Bahan baku yang diamankan pada Senin (18/9/2017) dari Gudang di Jln. Kihapit Timur No. 141, RT 09/20, Kel. Leuwigajah, Kota Cimahi berupa bahan baku tramadol, trihek dan cafein serta bahan baku untuk pembuatan tablet PCC yang dicampur kurang lebih mencapai 4 ton.

Baca Juga : Gawat, Ternyata Ada Gudang Penyimpanan Bahan Baku PCC di Cimahi

Berdasarkan pantauan, gudang tersebut sudah dipasang garis polisi sejak pukul 14.00 WIB. Aparat kepolisian dari Polres Cimahi, Mabes Polri dan Polda Jawa Barat melakukan penggeledahan sejak pukul 14.00 WIB dan selesai sampai pukul 17.00 WIB.

"Di tempat ini, kita menemukan sejenis trimadol, trihek, cafein serta bubuk yang dicampur sangat banyak. Kita perkirakan 4 ton," ujar Wakil Direktur Tindak Pidana Narkotika, Bareskrim Mabes Polri, Kombes Pol John Turman Panjaitan kepada wartawan saat ditemui dilokasi, Senin (18/9/2017).

Menurutnya, barang bukti tersebut merupakan bahan campuran tersimpan dalam drum, galon dan karung. Selain itu, yang diamankan juga adalah alat penyaring dan pemisah. Dimana, seluruhnya akan dibawa ke Bareskrim Mabes Polri.

Ia menuturkan, saat dilakukan penggerebakan kondisi gudang dalam keadaan sepi dan tidak terdapat orang. Sehingga terkait siapa pemilik barang-barang tersebut pihaknya masih akan melakukan pendalaman.

"Mesin dan pabriknya (disini) tidak ada, hanya tempat penyimpanan," ungkapnya.

Brang-barang tersebut merupakan barang yang dilarang oleh Departemen Kesehatan. Terkait apakah bahan baku tersebut berkaitan dengan PCC pihaknya masih akan mendalami.

Temuan bahan baku pembuat PCC melanggar pasal 197 Undang-Undang 36 tahun 2009 tentang kesehatan.(kit)

Baca Lainnya