Selasa, 26 Desember 2017 19:48

Pemalsu Pertalite Digerebek Polisi

 Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto memperlihatkan barang bukti bahan pembuat Pertalite palsu
Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto memperlihatkan barang bukti bahan pembuat Pertalite palsu [limawaktu]

Limawaktu.id, - Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jabar berhasil membongkar gudang pengolahan BBM jenis pertalite yang dilakukan oleh Muhaimin (34) di Blok Bugel RT 14 RW 06 Desa Leuwigede Kecamatan Widasari Kabupaten Indramayu. 

Kapolda Jabar, Irjen Pol. Agung Budi Maryoto membenarkan, terbongkarnya sindikat pemalsu bahan bakar jenis pertalite oleh pelaku M. Dari hasil penggerebegan, lanjut Agung, pihaknya berhasil menyita puluhan drum berisi kondensat (cairan bahan baku pembuatan pertalite) dan puluhan karung bleaching (penjernih). 

“Bahan baku yang digunakan pelaku dalam melakukan pengolahan bahan bakar minyak bumi, terdiri dari kondensat dan bleaching. Pelaku pun telah melakukan aksinya sejak bulan Juni hingga Desember 2017 ini," kata Agung saat ditemui di Mapolda Jabar, Selasa (26/12/2017).

Lebih lanjut Agung menjelaskan, pelaku mendapatkan bahan baku minyak mentah dari PT Harindo Putra Jaya. Dari PT tersebut, kata Agung, pelaku mencampur bahan baku berupa kondensat dengan bleaching, dengan perbandingan 200 liter Kondensat dicampur 25 kg bleaching. "Setelah dicampur, pelaku mendiamkan minyak tersebut selama lima jam, setelah itu disaring, lalu dijual ke SPBU mini dengan harga Rp 7.600 perliter," jelsnya.

Dia pun berharap, agar masyarakat khususnya masyarakat Indramayu supaya lebih berhati-hati apabila hendak membeli BBM. "Bahan bakar jenis Pertalite di SPBU mini, tidak diketahui ke absahanya," pungkasnya. (lie)

Baca Lainnya