Rabu, 29 November 2017 20:58

Pelaku E Bayar Bensin Pakai Uang Palsu

Reporter : Fery Bangkit 
Ilustrasi Uang Palsu.
Ilustrasi Uang Palsu. [net]

Limawaktu.id,- Polisi berhasil mengungkap kasus peredaran uang. rupiah palsu. Pelaku berinisial E (36) diamankan polisi di Melong, Kota Cimahi, Selasa (29/11/2017).

Pengungkapan tersebut bermula ketika pelaku E dan rekannya, yang kini masih buron tengah mengisi bensin di
Jalan Melong Nyontrol, Kelurahan Melong, Kecamatan Cimahi Selatan.

Ketika rekan E tengah mengisi bensin, ia melihat Play Station (PS) berada di rumah milik Siti Nurohmah lalu mencoba mencurinya. Namun, aksi pelaku E diketahui oleh korban yang spontan langsung berteriak.

Setelah digeledah, oleh warga dan polisi, ternyata ditemukan uang palsu mencapai Rp1.000.000, dengan pecahan Rp100.000.

"Jadi korban ini curiga karena penampilan uangnya berbeda dengan yang biasanya. Uang yang digunakan transaksi Rp 300 ribu. 100 ribu untuk membeli bensin, dan pelaku kemudian menukarkan uang sebesar 200 ribu dengan pecahan 50 ribuan ke penjual," ungkap Kapolsek Cimahi Selatan, Kompol Rukun Iman, Rabu (29/11/2017).

Pelaku E sendiri sempat menjadi bulan-bulanan warga, karena diketahui akan mencuri PS milik korban.

Rukun Iman mengaku, peredaran uang palsu di wilayah hukum Polsek Cimahi Selatan baru kali ini terjadi. Untuk itu, pihaknya akan melakukan pengembangan terhadap pelaku mengenai sumber uang palsu tersebut.

"Akan kami lakukan pengembangan. Karena uang palsu Rp 1 juta ini pasti ada sindikat pengedarnya. Kemungkinan mereka masih coba-coba mengedarkan dalam jumlah kecil, kalau berhasil sepertinya jumlah uang palsu yang diedarkan akan lebih besar lagi," jelasnya. (kit)