Rabu, 25 Oktober 2017 12:57

Kopi Darat, Herawati Dibunuh Teman di Facebook

Illustrasi
Illustrasi [Pixabay]

Limawaktu.id - Diduga akibat berkenalan di media sosial facebook, Herawati (21) warga Kampung Cibeureum Rt 02 Rw 08 Desa Mulyaharja Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, dibunuh tiga orang tersangka, kenalan korban dimedia sosial.

Ketiga pelaku tersebut berinisial Daud dwi Sanjaya (21), Baskoro Bimo Pamungkas, (24), Reski Ardiansah, (20) dan satu orang penadah yakni Dwi Faoyan Riyadi, (33).

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus menerangkan, awal diketahui, korban tergelatak dipinggir jalan dengan muka lebam dan keadaan meninggal dunia, di Jalan Raya Kemang Kampung Calobak Desa Sukaluyu Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, pada Senin (23/10/2017).

"Kemudian seorang saksi yaitu Midian mengecek dan ternyata benar ada sosok perempuan dalam posisi tertelungkup dipinggir jalan dalam keadaan tidak bernyawa. Selanjutnya melapor kepada Polsek TamanSari, dan korban langsung dibawa ke RSUD Ciawi," kata Yusri saat memberikan keterangannya, Rabu (25/10/2017).

Sehingga, lanjut Yusri, Unit Resmob SatReskrim Polres Bogor melakukan penyelidikan terhadap identitas korban dan diketahui korban bernama Herawati, bekerja kerja di Plaza Eka Lokasari / Lippo Mall lantai 1 tepatnya toko aksesoris Heart Warmer sebagai kepala toko.

Petugas pun, katanya, langsung melakukan pengecekan CCTV yang berada di parkiran Mall tersebut. Pada saat itu diketahui korban dijemput menggunakan mobil avanza plat no B 2594 SKD oleh 3 tiga orang yang tidak dikenal. "Kami langsung melakukan pengejaran," ujarnya.

Yusri pun menerangkan, sebelum 1x24 jam, petugas dapat menangkap satu orang pelaku bersama mobil yang digunakan pada saat menjemput korban di wilayah Pamulang. Kemudian dilakukan penangkapan terhadap dua orang pelaku lainnya.

"Pada saat pengembangan pelaku melakukan perlawanan terhadap petugas dan berhasil dilumpuhkan dengan tembakan secara terukur di bagian kaki," terangnya.

Yusri pun menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan, ketiga tersangka tersebut mengakui perbuatannya, bahwa sebelumnya, tersangka berinisial BB berkenalan dengan korban melalui facebook dan sepakat untuk bertemu, lalu BB mengajak kedua pelaku lainnya untuk menjemput korban menggunakan mobil di tempat kerja.

"Korban kemudian di ajak berkeliling lalu korban dicekik oleh pelaku bernama DD dan RA hingga tewas sehingga para pelaku dapat mengambil uang dan barang berharga lainnya milik korban selanjutnya mayat dibuang di pinggir jalan," jelasnya.

Ketiga tersangka ini sudah merencanakan aksinya, tutur Yusri, seelumnya mereka membeli tali tas untuk mencekik korban dan membuang mayat korban untuk selanjutnya dapat mengambil barang berharga milik korban. "Motif ketiga pelakui ini ingin mengambil barang berharga milik korban dengan cara membunuh korban terlebih dahulu," tuturnya.

Menurut pengakuan ketiga tersangka, ucap Yusri, mereka telah melakukan perbuatannya sebanyak tujuh kali dengan modus yang sama berkenalan lewat media sosial dan mengambil barang korban, lalu barang dijual kepada penadah yang sama. Ketujuh  tempat kejadian tersebut yakni, dua kali di wilayah bogor, Depok, Jakarta Barat, Kemang Jakarta, Taman Mini, BSD Tangerang dan Pengasinan Depok.

"Barang bukti yang diamankan dari ketiga tersangka, yaitu, kendaraan roda empat dengan plat no B 2594 SKD, satu telepon  genggam,  tas hitam berisi dompet dan KTP korban. Saat ini, ketiga tersangka tersebut ditahan di Mapolres Bogor untuk proses penyidikan lebih lanjut," pungkasnya. (lie)