Jumat, 25 Oktober 2019 17:47

Kecurigaan Istri Terbukti, Suaminya Ternyata Maling

Reporter : Fery Bangkit 
 Rendi Rinaldi alias Iyeng (27) Tersangka Pencurian Rumah Kosong
Rendi Rinaldi alias Iyeng (27) Tersangka Pencurian Rumah Kosong [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Ada-ada saja ulah Rendi Rinaldi alias Iyeng. Pria berusia 27 tahun itu nekat mencuri barang-barang milik tetangganya sendiri di Kampung Pasir Borondong, RT 02/23, Desa Ciptaharja, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

Aksi kriminalnya itu dilakukan Senin (14/10/2019) lalu. Cukup banyak barang yang tersangka gondol, seperti genset, kulkas, televisi, sepeda, kipas angin, mesin cuci, jemuran, dan barang elektronik lainnya.

Kapolsek Cipatat, Kompol Asep Nandang mengatakan, dalam menjalankan aksinya, tersangka bergerak sendiri. Ia masuk lewat jendela samping rumah Wahyudi, yang saat itu tengah berada di luar kota. Kemudian semua barang-barang tersebut dikeluarkan dari rumah melalui pintu belakang. 

"Jadi kondisi rumah itu kosong karena pemiliknya sedang keluar kota. Dia bergerak sendiri, beraksinya saat malam hari, mulai pukul 18.00 WIB," ujar Kapolsek Cipatat, Kompol Asep Nandang saat ditemui usai gelar perkara di Mapolsek Cipatat, Jumat (25/10/2019).

Barang-barang tersebut tidak diangkut sekaligus, melainkan dicicil satu persatu kemudian disimpan di kebun. Jarak antara rumah korban dengan kontrakan tersangka sendiri hanya sekitar 25 meter. "Jadi barang curiannya dikeluarkan, disimpan di kebun, lalu diangkut satu-satu. Soalnya dari rumah korban ke kontrakan pelaku dekat. Dia mengaku butuh waktu seminggu menyelesaikan pencurian itu," bebernya.

Sementara itu, tersangka Rendi mengaku barang-barang hasil curiannya itu bukan untuk dijual. Tapi untuk disimpan di rumah kontrakannya. "Motivasinya hanya ingin punya barang itu aja, bukan untuk dijual. Saya seminggu bolak-balik ngambil barangnya terus disimpan di kontrakan," tuturnya. 

Pria yang berprofesi sebagai tukang ojek itu sempat dicurigai sang istri. Bahkan istrinya lah yang pertama akan melaporkannya ke polisi akibat pencurian itu, sebab merasa curiga dengan barang-barang yang dibawa Rendi.

"Istri sudah curiga, dia tanya saya dapat barang darimana. Saya bilang kredit. Terus ada kabar soal kasus pencurian rumah kosong, istri makin curiga terus dia mau lapor polisi. Terus pas saya pulang ngojek, malamnya langsung saya diamankan polisi," jelasnya. 

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP, tentang Pencurian dengan Pemberatan dan terancam hukuman penjara paling lama 7 tahun. "Saya sangat menyesal, apalagi meninggalkan istri sama anak yang baru 8 bulan," tandasnya.

Baca Lainnya