Senin, 11 Maret 2019 19:33

Hendak Nonton Dilan 1991, Motor Malah Hilang di Masjid Al-Ikhlas Lembang

Reporter : Fery Bangkit 
Aksi pencurian itu terjadi Sabtu (9/3/2019) dan terekam kamera CCTV, sehingga viral di media sosial (medsos).
Aksi pencurian itu terjadi Sabtu (9/3/2019) dan terekam kamera CCTV, sehingga viral di media sosial (medsos). [istimewa]

Limawaktu.id - Nasib nahas menimpa sepasang muda-mudi asal Kalijati, Subang yang belum diketahui identitasnya.

Ketika hendak menonton film Dilan 1991 di bioskop Kota Bandung, motor yang dikendarai keduanya dicuri di
masjid Al-Ikhlas di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. 

Baca Juga : Fakta-fakta Vincent, Si Spesialis Pencurian di Ponsel dan Motor Rumah Sakit

Aksi pencurian itu terjadi Sabtu (9/3/2019) dan terekam kamera CCTV, sehingga viral di media sosial (medsos). Saat itu, korban tengah menjalankan shalat di masjid tersebut. Keluar dari masjid, korban tersadar kendaraan roda dua yang digunakan sudah lenyap dibawa maling.

Asep, penjaga masjid mengatakan, pencurian sepeda motor ini terjadi pada siang hari, sekitar jam 12.30 WIB. "Motor korban diparkir percis di depan masjid dan dikunci stang. Kebetulan pas kejadian itu, penjaga parkirnya juga ikut shalat dzuhur," katanya di lokasi, Senin (11/3/2019).

Baca Juga : Haduh, Istri kok Malah Ikut Suami Nyuri Motor dan Mobil

Mengetahui jika masjid yang dikelola jadi langganan maling, dia menuturkan, pihaknya berinisiatif memasang CCTV sejak enam bulan lalu. Pasalnya, selain kendaraan bermotor, sejumlah barang berharga milik jemaah masjid juga sering hilang.

"CCTV baru dipasang sekitar setengah tahun lalu, soalnya di sini sering ada kejadian. Kalau enggak salah, sudah empat motor dan satu mobil yang berhasil dicuri maling, bahkan hingga sandal jemaah juga sering hilang," tuturnya.

Baca Juga : Pakai Mobil Rental, Komplotan ini Sukses jadi Pencuri Tapi Berujung Penjara 

Dalam rekaman CCTV berdurasi 57 detik itu, pelaku terlihat jelas mondar mandir di halaman masjid. Mengetahui situasi aman, pria yang memiliki postur tubuh tinggi dan berjaket hitam itu mengincar motor matic yang terparkir di paling belakang.

Pelaku hanya memerlukan waktu sekitar 10 detik untuk merusak kunci kontak dengan menggunakan kunci stang. Setelah itu, pelaku bergegas membawa kabur kendaraan yang disasar serta helmnya.

Asep berharap, pihak kepolisian bisa segera mengungkap serta menangkap pelaku karena tindakannya telah meresahkan jemaah masjid dan warga sekitar.

"Korban sudah melaporkan kejadian tersebut kepada polisi. Berdasarkan keterangan korban, katanya dia berasal dari Kalijati dan akan ke Bandung untuk menonton film Dilan di bioskop, tapi singgah dulu di masjid karena mau shalat," bebernya.

Terpisah, Kanit Reskrim Polres Lembang, Ipda Yuhadi membenarkan peristiwa pencurian sepeda motor yang terparkir di masjid Al-Ikhlas Cikole dan berhasil terekam CCTV.

"Memang betul, kemarin kami terima laporan terjadi pencurian sepeda motor di Cikole. Dari bukti rekaman CCTV, pelaku diduga beraksi seorang diri," ungkap Yuhadi.

Menurutnya, di kawasan Lembang memang sudah sering terjadi pencurian sepeda motor, dalam sepekan saja, dua unit motor warga raib dibawa maling. Yuhadi menyatakan, polisi akan memburu pelaku berbekal rekaman CCTV.

Untuk mencegah terulangnya tindak kejahatan ini, Yuhadi mengimbau warga agar menyimpan kendaraan maupun barang berharga lainnya di tempat yang aman dan dapat diawasi.

"Untuk antisipasi, kami melalui Bhabinkamtibmas selalu imbau masyarakat agar menaruh motor di tempat aman kemudian melengkapi sistem keamanan dengan kunci ganda," tandasnya.

Baca Lainnya