Jumat, 3 Agustus 2018 15:30

Dor! Polisi Tembak Pelaku Kejahatan Paket Komplet

Reporter : Fery Bangkit 
Empat orang pelaku kejahatan paket komplet
Empat orang pelaku kejahatan paket komplet [limawaktu]

Limawaktu.id, - Empat kawanan penjahat diamankan Satreskrim Polres Cimahi dalam kurun waktu dua hari. Bahkan, tiga pelaku terpaksa ditembak petugas karena melakukan perlawanan ketika hendak ditangkap.

Keempat paket komplet kejahatan, yakni Pencurian dengan Pemberatan (Curat), Pencurian dengan Kekerasan (Curas) dan Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) diamankan pada Jumat dan Sabtu (27-28) Juli kemarin di tempat berbeda.

Keempat pelaku bernama Agung Dani, Nanang Mulyadi, Ahmad Ridwanto dan Asep Mulyana diamankan di tempat berbeda, yakni di sekitar Cisarua dan Padalarang Kabupaten Bandung Barat, Leuwigajah Kota Cimahi serta di sekitar Kopo Kota Bandung.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, mengatakan, keempat pelaku ini juga kerap melakukan aksi pencurian kendaraan di jalan dan tak segan melukai korbannya.

"Saat dilakukan penangkapan pun mereka melawan petugas, sehingga terpaksa kami harus mengambil tindakan tegas terukur dengan menembak pada bagian kaki dari keemapat pelaku," ujar Kapolres di Mapolres Cimahi, Jumat (3/8/2018).

Dari pengakuan tersangka, kata Rusdy, ketika mereka melakukan aksinya keempat pelaku ini menghentikan pengendara motor kemudian menendangnya hingga terjatuh.

Selain itu, para pelaku juga kerap menjarah barang di rumah milik warga dengan cara masuk ke rumah di malam hari. Untuk melancarkan aksi pencuriannya, mereka juga kerap memukul pemilik kendaraan dan setelah pemilik kendaraan dalam kondisi lemah, kemudian mereka merampas barang-barang berharga.

"Kelompok ini tidak segan melakui korbannya dan mengambil barang berharga milik korban termasuk sepeda motor," kata Rusdy.

Bahkan, kata Rusdy, saat melakukan pencurian keempat pelaku ini kerap membawa Airsoft gun dan beberapa senjata tajam dan kunci astag.

"Senjata tajam digunakan untuk melukai korbannya. Dari TKP kami sudah aman barang-barang itu untuk dijadikan barang bukti," katanya.

Tak hanya mengamankan senjata tajam, polisi juga mengamankan kendaraan hasil kejahatan mereka yakni Yamaha Mio warna hitam, Mio warna biru dan Mio Fino warna putih biru.

Dari keempat pelaku tersebut, lanjut Rusdy, satu diantaranya merupakan residivis dengan tindak kejahatan yang sama di enam Tempat Kejadian Perkara (TKP) di wilayah hukum Polres Cimahi.

"Atas perbuatannya, keempat pelaku dijerat dengan pasal 363 dan 365 KUHP dengan ancaman hukuman selama 12 tahun penjara," kata Rusdy.

Baca Lainnya