Selasa, 19 September 2017 7:37

Dor ! Polisi Tembak Pelaku Curanmor di Cikalong

Reporter : Fery Bangkit 
Kasatreskrim Polres Cimahi, AKP Niko N. Adiputra memperlihatkan STNK sepedamotor  yang diduga dicuri ER
Kasatreskrim Polres Cimahi, AKP Niko N. Adiputra memperlihatkan STNK sepedamotor yang diduga dicuri ER [limawaktu dok]

Limawaktu.id - Pelaku pencurian kendaraan bermotor, ER terpaksa dilumpuhkan aparat kepolisian dengan tembakan. Pasalnya, pelaku mencoba melawan saat hendak ditangkap, Minggu (1/9) di Cikalong, Kab. Bandung Barat.

Satreskrim Polres Cimahi, AKP Niko N. Adiputra mengatakan, penangkapan ER berawal dari laporan masyarakat di daerah Cikalong, Kab. Bandung Barat yang mengaku sering kehilangan kendaraan roda empat dan roda dua.

"Tanggal 22 Agustus masuk laporan adanya beberapa kendaraan roda empat yang sering kehilangan. Dari laporan itu kami melakukan penyelidikan, dan berhasil mengamankan dua pelaku, di daerah Cikalong dalam waku berbeda," ujar Niko, saat gelar perkara di Polres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi, Minggu (17/9).

"ER ini merupakan pelaku pencurian yang biasa beroprasi di daerah Bandung Raya seperti Cimahi, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat," sambung Niko.

Dari tersangka ER ini, sambung Niko, kemudian dilakukan pengembangan dan mengarah kepada tersangka lain yang berinisial I. Hasil pemeriksaan sementara kata Niko, I bertugas sebagai penjual kendaraan hasil curian ER.

"I kami amankan dua hari kemudia, (3 September 2017), dari penangkapan tersangka ini kami mendapati barang bukti berupa dua unit kendaraan roda empat dan satu unit kendaraan roda dua. Kami juga akan lakukan pendalaman, barangkali ada kendaraan yang sudah dijual pelaku," ucapnya.

Adapun modus yang dilakukan pelaku, jelas Niko, yaitu menggunakan kunci palsu. Sebelum melancarkan aksinya, kata Niko, pelaku ini melakukan pemantauan terhadap korbannya dalam kurun waktu beberapa hari.

"Sehingga dia bisa mengetahui konidisi lokasi targetnya aman atau tidak, jika dirasa aman pelaku ini baru beraksi," katanya.

Berdasarkan laporan yang masuk mereka itu mereka sering melakukan di daerah di Banduang Barat seperti Cikalong dan kemungkinan ada bebeerapa tempat lain, ini masih kami kembangkan.

Kini, akibat perbuatannya I dan ER harus terancam penjara selama tujuh tahun sesuai pasal 363 ayat 1 tentang pencurian. (kit)