Sabtu, 20 Januari 2018 11:01

Diiming-imingi Rp 10 M, Dana Sponsor Rp 150 Juta Raib

Ditulis Oleh Yulie Kusnawati
Uang Cina Palsu.
Uang Cina Palsu. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Tiga orang pelaku penipuan dengan modus penggadan uang berhasil dibekuk oleh Sat Reskrim Polres Bogor Jajaran Polda Jabar, Jumat (19/1/2018). Hal ini dikatakan Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Hari Suprapto.

Hari mengungkapkan, awal kejadian dugaan tindak pidana penipuan ini bermula pada Selasa (12/12/2017) lalu di Kampung Maseng Desa Ciadeg Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Dimana korban yang bernama Kurniawan Hari Mulyanto (44) ditugaskan oleh ketiga pelaku untuk mencari dana dari sponsor sebesar Rp 150 juta dan korban dijanjikan apabila mendapatkan dana sponsor tersebut maka korban akan mendapatkan dana sebesar Rp.10 milyar.

Ketiga pelaku tersebut yakni berinisial UP (44) warga Kabupaten Bogor, HP (88) Warga Kabupaten Bogor, dan E (60) warga Kabupaten Bogor. "Setelah di iming-imingin akan mendapatkan Rp 10 milyar, akhirnya korban pun berminat dan sepakat untuk menyiapkan dana sponsor tersebut," kata Hari saat ditemui di Mapolda Jabar, Jumat (19/1/2018).

Lebih lanjut lagi, Hari menjelaskan, tidak berangsur lama, korban pun  menemui pelaku dan menyerahkan dana sponsor tersebut kepada pelaku. Namun, katanya, setelah dana diserahkan oleh korban, uang sebesar Rp. 10 M yang dijanjikan tidak diberikan oleh pelaku kepada korban, pelaku malah memberikan uang dolar china yang diduga palsu sebanyak 1 lembar pecahan $5M.

Sehingga, lanjut Hari, dengan adanya laporan tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan terhadap ketiga pelaku tersebut, serta menyita sejumlah barang bukti, yakni satu lembar surat pernyataan dan satu lembar uang dolar china pecahan 5M yang diduga palsu. "Saat ini ketiga pelaku sedang dilakukan pemeriksaan di Polres Bogor," pungkasnya. (lie)*