Selasa, 16 Oktober 2018 15:41

Diancam 7 Tahun Penjara, ini Tanggapan Kuasa Hukum Dua Pelaku Pengeroyokan Anggota The Jakmania

Reporter : Fery Bangkit 
Salah Seorang Pelaku Pengeroyokan Terhadap Pendukung Persija Jakarta Saat akan Memasuki Ruang Sidang di PN Kelas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Selasa (16/10/2018).
Salah Seorang Pelaku Pengeroyokan Terhadap Pendukung Persija Jakarta Saat akan Memasuki Ruang Sidang di PN Kelas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Selasa (16/10/2018). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Bandung - Tim kuasa hukum dua tersangka pengeroyok pendukung Persija Jakarta, Haringga Sirila yakni SM (17) dan DF (16) masih menunggu pasal apa yang diterapkan oleh jaksa penuntut dalam sidang tuntutan pekan depan terhadap kliennya. 

"Dakwaan itu kan uraian kejadian dan sudah dikaji. Sifatnya alternatif. Kita lihat nanti pasal mana yang akan diterapkan," kata Dadang Sukmawijaya, kuasa hukum dua tersangka usai persidangan di ruang sidang anak, PN Kelas 1A Khusus Bandung, Jalan RE Martadinata, Selasa (16/10/2018). 

Baca Juga : Anak Dibawah Umur jadi Tersangka Kasus Tewasnya Anggota The Jak Mania

Menurutnya,  jika dilihat dari konteks dakwaan dirinya optimistis jika pasal 338 KUHPidana tidak terbukti. Sebab, itu merupakan peristiwa pengeroyokan dan dua anak hanya ikut-ikutan. 

"Kalau melihat konteks perbuatan itu pasal 170 KUHPidana tentang pengeroyokan," ujarnya. 

Baca Juga : Peragakan 16 Adegan, Joko 'Keukeuh' tak Terlibat Aksi Keroyok Suporter Persija

Disinggung upaya mempertemukan para pelaku dengan keluarga korban, Dadang mengaku upaya tersebut sudah dari awal diupayakan. Namun, hingga kini masih belum terealisasi. 

Menurutnya, minimal dengan upaya tersebut keluarga korban mau memaafkan perbutaan para terdakwa. Walaupun hal tersebut, tidak menghapus perbuatan pidana yang mereka lakukan. 

"Tadi saksi yang dihadirkan hanya pelapor, dan empat pelaku dewasa. Keluarga tidak masuk. Minggu depan langsung ke penuntutan," ujarnya.

Baca Lainnya