Senin, 2 April 2018 18:21

CCTV Rusak Saat Aksi Pencurian Motor di Pemkot Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Ruang Kontrol CCTV Pemkot Cimahi.
Ruang Kontrol CCTV Pemkot Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Aksi pencurian dua Motor di komplek Perakntoran Pemerintah Kota Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah tidak terekam kamera pengintai atau CCTV.

Dua unit kendaraan yang Hilang dicuri adalah milik pegawai Pemerintah Kota Cimahi dan milik masyarakat. Aksi itu terjadi dalam kurun waktu sebulan terakhir di siang bolong.

"Kita sudah coba pasang CCTV, ada beberapa yang Rusak. Yang hilang di kamera 3 (tiga) sedang rusak," terang Kepala Bagian Umum dan Protokol Setda Kota Cimahi, Rukandi Juliadi saat ditemui, Senin (2/4/2018).

Dikatakannya, kamera pengawas CCTV tidak bisa memonitor semua area di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Cimahi.

"Kalau CCTV sifatnya hanya memonitor. Tapi gak akan semuanya kepantau, gak terfokus," ujar Uki, sapaan akrab Rukandi Juliadi.

Selain itu, dirinya mengakui hilangnya dua unit motor itu dikarenakan lemahnya pengamanan. Lemahnya pengamanan di Pemkot Cimahi itu terjadi sejak habisnya kontrak petugas Keamanan Dalam (Kamdal) atau security.

"Kamdal itu habisnya Februari kemarin. Iya sejak saat itu pengamanan jadi berkurang," katanya.

Untuk melakukan pengadaan Kamdal, harus melalui mekanisme pelalangan, yang sekarang sedang berlangsung. "Mudah-mudahan April atau Mei sudah bisa bertugas lagi," ucap Uki.

Dikatakannya, peran security sangat vital untuk memantau keamanan di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi. Pasalnya, setiap harinya mereka kerap memantau seluruh area.

"Iya sejak gak ada, iya pengamanan jadi berkurang," tandasnya.

 

Baca Lainnya