Rabu, 18 Oktober 2017 21:56

Bang Samsul, Si Pencuri ATM Terancam Penjara 7 Tahun

Reporter : Fery Bangkit 
Kapolsek Cisarua, Kompol Ana Sudarna memperlihatkan barang bukti pencurian di ATM
Kapolsek Cisarua, Kompol Ana Sudarna memperlihatkan barang bukti pencurian di ATM [Limawaktu]

Limawaktu.id - Pelaku pencurian nasabah Anjungan Tunai Mandiri (Atm) bernama Samsul Hadi (35) terancam kurungan tujuh tahun. Ia disangkakan pasal 53 junto pasal 363 KUH Pidana.

Samsul diamankan di sebuah gerai ATM di wilayah Cihideung, Kabupaten Bandung Barat, saat sedang beraksi meminta pin ATM dari seorang nasabah. Namun aksinya gagal, hingga ia pasrah menerima bogem mentah dari masyarakat yang mendengar teriakan korban.

Menurut Kapolsek Cisarua, Kompol Ana Sudarna, dalam melancarkan aksinya, Samsul Hadi dibantu oleh dua pelaku lainnya, yakni Ogi (40) dan Ade Suhandi (41) yang keduanya masih buron.

"Samsul Hadi kami amankan di dalam gerai saat ia berusaha meminta pin ATM korbannya, tapi gagal. Saat korban berteriak minta tolong, akhirnya Ogi dan Ade Suhandi kabur meninggalkan Samsul," ujar Ana saat ditemui di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Rabu (18/10/2017).

Dari pengakuan pelaku, terang Ana, mereka baru pertama kali melakukan aksinya. Pelaku mengatakan alasan mereka bisa melakukan aksinya di wilayah Cihideung, saat mereka liburan ke Cihideung, melihat ATM yang ada di lokasi cukup sepi, jauh dari pengawasan masyarakat.

"Jadi mereka ini modusnya melakukan hipnotis ke korbannya, meminta nomor pin dan akhirnya melakukan transaksi di atm lain. Sebelumnya ATM itu pernah juga menjadi sasaran pembobolan ATM, namun juga gagal," tambah Ana.

Pihak kepolisian hingga saat ini masih mengejar kedua pelaku lainnya, karena diduga komplotan pelaku sudah sering melakukan aksinya ditempat lain.

Selain tersangka Samsul, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti diantaranya 1 ATM BRI milik korban, 4 ATM milik tersangka, ponsel milik pelaku, dan tusuk gigi yang dipatah menjadi dua bagian. (kit)

Baca Lainnya