Kamis, 12 Oktober 2017 19:38

600 Personil Tertibkan Bangli di Puncak, Pedagang Mengamuk

Kriminal Kerusuhan di Puncak
Puing Bangunan yang dibakar pedagang di Jalan Raya Puncak,  Pacet Cianjur.
Puing Bangunan yang dibakar pedagang di Jalan Raya Puncak, Pacet Cianjur. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sedikitnya 600 personil polisi dari Polres Cianjur, Satpol PP dan SKPD terkait di lingkungan Pemkab Cianjur mengamankan penertiban bangunan di sepanjang jalur Puncak sampai Istana Presiden.

Diawali dengan apel persiapan,  personil gabungan mengikuti apel persipan pengamanan di halaman Pemda Cianjur dipimpin dan diarahkan oleh wakil Bupati Cianjur.

“Sebelum melaksanakan penertiban bangunan liar di jalur Puncak, personil gabungan mendapatkan arahan dari Wakil Bupati Cianjur, Kasat Pol PP  dan Kabag Ops polres Cianjur,” jelas Kabid Humas Polda Jabar Kombes Yusri Yunus, saat dikonfirmasi pada Kamis (12/10).

Dikatakan Yusri, Setelah mendapatkan arahan dari Wakil Bupati Cianjur, Kasat Pol PP  dan Kabag Ops Polres Cianjur di sepakati berdasarkan surat perintah dan jadwal bahwa hari ini, Kamis dilakukan penertiban bangunan liar di jalur jalan puncak yg masuk wilayah pacet (dari sangga buana s /d istana presiden).

“Pukul  08.00 WIB, pembongkaran bangunan liar berjalan lancar dan tdk terjadi hambatan dari pemilik bangunan atau pedagang,” sebutnya

Dikatakannya, setelah petugas Sat Pol PP  selesai menertibkan  bangunan dan meninggalkan lokasi,  kemudian para pedagang / pemilik warung melemparkan puing bangunan ke jalan dan di bakar sehingga mengganggu arus lalulintas.

“ Dalam Kejadian  tersebut tidak ada  korban dari petugas dan masyarakat,” katanya.

Selanjutnya, kata dia, dipimpin Kabag ops Polres Cianjur dan Kapolsek Pacet mendatangi lokasi kemudian mematikan dan meminggirkan puing puing ke pinggir jalan supaya tidak mengganggu arus lalin dan dalam waktu sekitar 30 menit situasi sudah terkendalikan dan arus lalin lancar kembali.

Setelah itu, Kabag ops dan kapolsek mengumpulkan para pedagang untuk diarahkan, Bila mau menyampaikan aspirasi ke pemda cianjur polri siap mempasilitasi. “ Saat itu diminta para pedagang untuk tidak membuang puing bangunan dan membakar di jalan karena mengganggu arus lalin. Para pedagang menyanggupi.  Hanya minta kepada polres cianjur untuk mempertemukan dengan pihak Pemda Cianjur untuk mencari solusi ,” pungkasnya. (lie)*