Senin, 13 November 2017 18:48

280 Penindakan, OTT Pungli di Jabar Tertinggi

Kombes Yusri Yunus, Ketua  Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat
Kombes Yusri Yunus, Ketua Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat [limawaktu]

Limawaktu.id, - Hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT) Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar menunjukan, Provinsi Jawa Barat mennempati peringkat tertinggi se Indonesia dengan 280 kali penindakan.

Hal itu terungkap saat Tim saber pungli Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan ke Kabupaten Bandung, guna memberikan supervisi terhadap pelaksanaan tugas.

Baca Juga : Pegawai Imigrasi Sukabumi yang Diduga Pungli Dinonaktifkan

Ketua Tim Saber Pungli, Kombes Yusri Yunus yang juga sebagai Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat mengungkapkan kunjungan tersebut merupakan yang pertamakalinya dilakukan Pemprov Jawa Barat, untuk penguatan tugas.

Dikatakan Yusri, Timnya, Provinsi Jawa barat sudah melakukan 280 penindakan. Dan menurutnya, angka tersebut adalah yang terbesar di Indonesia dari seluruh Provinsi. “Kita luruskan kembali tugas yang seharusnya dilakukan sebagai tim ke depan. “Dari hasil OTT, sekitar 280 sudah kita lakukan penindakan di Jawa barat. Ini angka terbesar di Indonesia. Namun dari sekian yang OTT, kita kualifikasi lagi, mana yang harus dilakukan pembinaan, penindakan atau yustisi. Apakah dibiarkan saja atau ada tindakan lainnya,” kata Yusri saat diwawancara, Senin (13/11).

Baca Juga : Saber Pungli Tangkap Tangan Oknum PNS di Cirebon

Dia melanjutkan, sebetulnya kehadiran Tim Saber Pungli adalah salah satu bagian kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum. Namun kata Dia akan dilakukan bertahan mulai dari pencegahan, pembinaan dan jika masih saja terjadi, tahanp akan berlajut ke ranah penindakan.

“Ini akan kita cek, karena memang di OTT Saber Pungli ini bukan untuk hukum, tapi unutk mengingatkan saja. Akurasi kita adalah ke pembinaan masyarakat, tapi kalo masih tidak berubah ya kita akan tindak hingga ke pemberian hukuman, supaya Jangan sampai tindakan pungli dilakukan lagi,” ucap Yusri.

Baca Juga : Tim Saber Pungli Tangkap Oknum PNS Purwakarta

Yusri juga menyatakan kesiapan timnya untuk mendukung seluruh pelaksanaan satgas saber pungli. Bukan saja regulasi, dukungan dari segi koordinatif tim saber pungli provinsi kepada jajaran Kabupaten Bandung juga dikuatkan.

“Salah satunya untuk pengawalan dana desa. Sesuai arahan Presiden, kemarin Kapolda melakukan penandatangan kerjasama dengan Gubernur dan diteruskan kepada setiap kepala daerah. Ini juga jangan dianggap menakut nakuti, kita saling mengingatkan mengenai penggunaan dana desa yang sesungguhnya untuk pembangunan,” paparnya. (lie)

Baca Lainnya