Warga Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara merespon positif penataan infrastruktur yang digulirkan Kementerian PUPR lewat program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di wilayahnya.

Persoalan dranaise, air bersih dan persampahan  di Kelurahan Utama menjadi fokus penanganan yang dilakukan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Sejahtera Abadi Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan.

Meskipun Kelurahan Pasiekaliki belum ada bantuan untuk penanganan wilayah kumuh, namun usaha pencegahan tetap dilakukan dengan memberikan sosialisasi atau penyuluhan kepada masyarakat untuk mencegah wilayah kumuh.

Adanya program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang digulirkan pemerintah, mampu mendorong dan menggerakan warga untuk merubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan.

Bukan merupakan wilayah yang dikategorikan kumuh, tak lantas berdiam diri, namun tetap melakukan usaha pencegahan supaya terhindar dari kekumuhan.

Beberapa upaya dilakukan oleh Badan Keswadayaan masyarakat (BKM) Citra Kelurahan Citeureup, dengan melakukan pemeliharan-pemeliharaan sarana infrastruktur dan lingkungan.

Memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat terkait dengan penataan lingkungan yang bersih dan sehat dilakukan Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Amanah Insani Kelurahan Cibeber Kecamatan Cimahi Selatan.

Mengurangi jumlah wilayah kumuh di perkotaan memang tak semudah membalikan telapak tangan perlu pemahaman yang baik di masyarakat terkait dengan penanganannya.

Keberadaan Program yang digulirkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  (PUPR) Kota Tanpa Kumuh dirasakan lebih mengena dalam melakukan penataan wilayah kumuh di perkotaan.

Merubah mindset masyarakat harus terus dilakukan agar memiliki kesadaran dalam menjaga lingkungan sekitarnya. Terlebih, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi kawasan kumuh, termasuk di perkotaan

End of Story

No More Page To Load