Selasa, 20 April 2021 13:58

Waspada Serangan Phishing di FB, Jangan Buka Notif Mention dari Akun Tidak Dikenal!

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Contoh notifikasi mention dari akun tidak dikenal di Facebook yang ternyata merupakan serangan phishing.
Contoh notifikasi mention dari akun tidak dikenal di Facebook yang ternyata merupakan serangan phishing. [hackread.com]

Limawaktu.id – Akhir-akhir ini banyak laporan pengguna media sosial facebook (FB) asal Indonesia tiba-tiba mendapatkan notifikasi berupa penyebutan atau mention dari akun tidak dikenal. Akun tersebut tidak hanya menyebut satu atau beberapa akun, melainkan puluhan akun pengguna Facebook.

Parahnya lagi, pengguna yang penasaran dan membuka notifikasi mencurigakan itu ternyata diarahkan ke sebuah postingan video yang memuat konten tidak senonoh. Konten tersebut rupanya diberikan judul yang provokatif dan dapat mengundang rasa penasaran pengguna yang dimention.

Dilansir dari Liputan6.com, aksi tagging masal itu ternyata merupakan bagian dari serangan phishing yang memanfaatkan fitur Facebook Page. Ketika konten tersebut dibuka, pengguna akan diarahkan ke sebuah situs. Situs tersebut nantinya meminta berbagai data penting dan kredensial, biasanya email dan password FB sang pengguna. Jika tidak waspada, akunnya bisa dicuri oleh pihak di balik serangan phising dan digunakan untuk menyebarkan informasi Facebook Page di atas.

Contoh pesan "ancaman" dari pelaku phishing untuk memberikan email dan password FB yang disebut untuk mengonfirmasi akun pengguna. (reshiftmedia.com)

Mengutip dari Uzone.id, phishing adalah sejenis penipuan di internet yang mengincar data kredensial pengguna, meliputi password, nomor kartu kredit, rekening bank, dan informasi lainnya. Penipuan ini biasanya memanfaatkan sebuah situs palsu yang sangat mirip dengan aslinya, sehingga pengguna tidak curiga jika diminta untuk memasukkan data penting tersebut. Dalam kasus ini, penipuan di Facebook menggunakan situs yang dibuat sama persis dengan jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu.

Selain menggunakan situs palsu, trik penipuan phishing yang populer adalah menggunakan link yang terlihat mirip dengan URL sebuah situs web. Trik ini dibuat untuk menjerat pengguna yang kurang berpengalaman dalam menggunakan internet.

Perbedaan antara halaman login FB palsu (kiri) dan yang asli (kanan). (trendmicro.com)

Ada cara yang dapat dilakukan pengguna FB untuk menghindari tag atau mention dari akun yang tidak dikenal. Dilansir dari Kompas.com, langkah-langkahnya adalah pertama, klik ikon notif. Kemudian klik ikon tiga titik di kanan atas lalu klik pengaturan notifikasi. Setelah masuk ke pengaturan tersebut, klik menu “Tanda” lalu pilih “Hanya Teman”. Dengan begini, hanya pengguna yang ada di daftar teman yang dapat melakukan tag atau mention.

Jika sudah terlanjur kena tag dan tidak ingin menerima notif lagi untuk ke depannya, bukalah notifikasi mengenai penyebutan akun tersebut, lalu klik ikon tiga titik di notifikasi. Setelah itu klik opsi "Hanya menerima notifikasi ditandai dari teman". Cara lainnya adalah mencari komentar yang menyebut akun, lalu klik ikon titik tiga di pojok kanan komentar. Pilih opsi "cari dukungan atau laporkan postingan", lalu pilih "hapus tanda" untuk menghilangkan penyebutan akun dari komentar tersebut. Untuk pencegahan, pengguna juga dapat menginstal antivirus yang dapat mendeteksi apakah sebuah situs web aman untuk dikunjungi atau tidak.

Baca Lainnya

Topik Populer