Selasa, 11 Mei 2021 19:39

Trik Menghapus Seluruh Gambar di Dalam File Word dengan Cepat

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Ms Word adalah aplikasi pengolah kata di komputer dan smartphone yang populer dan banyak digunakan.
Ms Word adalah aplikasi pengolah kata di komputer dan smartphone yang populer dan banyak digunakan. [Guiding Tech]

Limawaktu.id – Setiap pengguna komputer tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi pengolah kata (word processor) Microsoft Office Word (Ms. Word), yang menjadi salah satu aplikasi yang dipelajari pertama kali di masa-masa awal kita mengenal perangkat komputer.

Di Indonesia, sebelum Kurikulum 2013 diterapkan, Ms. Word menjadi salah satu materi wajib dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di jenjang SD, SMP, dan SMA. Menggunakan aplikasi ini, kita belajar cara mengetik dengan rapi, memasukkan gambar, tabel, grafik, dan lainnya.

Berkatnya, kini semua orang yang mengerti komputer dapat mengoperasikan Ms. Word untuk berbagai keperluan, seperti mengerjakan tugas sekolah, tugas kuliah, laporan pekerjaan, menyusun karya ilmiah, dan masih banyak lagi.

Namun, Ms. Word menyimpan banyak trik tersembunyi yang tidak diketahui semua orang, salah satunya adalah menghapus seluruh gambar yang ada di dalam file dokumen Word secara sekaligus, dengan memanfaatkan fitur Find and Replace. Hal ini akan sangat membantu jika kita sedang merangkum atau mengcopy-paste artikel yang dilengkapi banyak gambar, dan ingin menghilangkan semua gambar yang ada.

Berikut ini Limawaktu.id sajikan cara lengkapnya, dirangkum dari How to Geek.

1.       Buka file Word (.doc atau .docx) yang ingin dihapus seluruh gambarnya.

2.       Klik “Replace”.

3.       Pada kotak dialog “Find and Replace”, ketikkan “^g” (tanpa tanda kutip) di kolom “Find What”.

4.       Klik tombol “Replace All”

5.       Seluruh gambar di dalam dokumen akan lenyap.

Dijelaskan How to Geek, kode “^g” tersebut adalah kode unik untuk objek grafis, seperti gambar, diagram, dan grafik. Maka dari itu, selain dari gambar, kita juga dapat menghapus seluruh diagram dan grafik menggunakan cara yang satu ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Lainnya

Topik Populer