Jumat, 7 Mei 2021 15:32

TikTok Lite Hadir, Ukuran Lebih Kecil dan Ramah Storage

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
TikTok Lite telah hadir di Google Play Store dan Apple AppStore.
TikTok Lite telah hadir di Google Play Store dan Apple AppStore. [newtechdownloads.com]

Limawaktu.id – Ada kabar baik untuk penggemar TikTok yang memiliki smartphone dengan kapasitas penyimpanan yang kecil atau penuh sesak. Versi ringan dari TikTok telah beredar di Google Play Store dan bisa diunduh oleh pengguna di Indonesia. Bernama TikTok Lite, aplikasi ini dioptimalkan untuk penghematan kapasitas penyimpanan smartphone.

Ukuran aplikasi TikTok versi Lite lebih kecil daripada TikTok standar. Berdasarkan informasi pada laman unduhnya di Play Store, TikTok Lite memiliki ukuran sebesar 55 MB, sedangkan TikTok standar sebesar 94 MB.

Dengan ukuran yang lebih kecil ini, bisa dipastikan terdapat pemangkasan fitur pada TikTok versi Lite, yang artinya fitur di aplikasi ini tidak selengkap TikTok versi standar. Melansir Kompas.com pada Rabu (5/5/2021), fitur yang tidak ada di TikTok Lite antara lain Block List, Digital Wellbeing, LivePhoto, dan Wallet. Selain itu, aplikasi versi ringan ini tidak memiliki fitur React dan Duet. Pengaturan terkait privasi juga tidak selengkap di aplikasi originalnya.

Dari segi pembuatan konten, pihak pengembang memangkas durasi maksimal perekaman video di TikTok Lite menjadi hanya 15 detik. Ini sangat berbeda jauh dari TikTok versi standar yang bisa merekam video hingga 3 menit lamanya.

Meskipun begitu, pengguna masih bisa menikmati video-video yang disajikan di For You Page, memberi like, berkomentar, dan membagikan video. Pendeknya, pemangkasan ini tidak banyak mempengaruhi fitur-fitur dasar aplikasi TikTok.

Baca Lainnya

Topik Populer