Kamis, 22 April 2021 13:46

Stok IC Pengisi Daya Langka, Huawei Mulai Jual Smartphone Tanpa Charger

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Huawei Mate X2 merupakan salah satu dari empat smarphone flagship yang akan dijual tanpa charger.
Huawei Mate X2 merupakan salah satu dari empat smarphone flagship yang akan dijual tanpa charger. [alltechng.com]

Limawaktu.id – Larangan ekspor komoditas dari AS ke Tiongkok ternyata turut berpengaruh terhadap tren penjualan smartphone asal negeri Tirai Bambu. Produsen huawei dilaporkan mulai menjual smartphone flagshipnya tanpa alat pengisian daya atau charger, menyusul produsen Apple, Xiaomi dan Samsung.

Dilansir dari Kompas.com, strategi penjualan tersebut lebih dimaksudkan untuk menghemat stok chip integrated circuit (IC) pengisian daya yang kini tengah langka akibat larangan tersebut. Saat ini Huawei tengah menyetok persediaan chip IC untuk mengantisipasi kelangkaan.

Smartphone Huawei yang dijual tanpa charger ini antara lain Huawei Mate X2, Mate 40 Pro, Nova 8 dan Nova 8 Pro. Meski demikian, pihak Huawei masih menyediakan paket pembelian dengan charger dengan tambahan harga sebesar 200 yuan atau sekitar Rp 448 ribu.

Selain keempat smartphone di atas, flagship P50 yang akan rilis pada Mei mendatang juga akan dijual dengan charger yang terpisah.

kelangkaan chip ini juga dirasakan oleh produsen Tiongkok lainnya, yang mulai bekerja membuat chip sendiri. Bahkan Oppo dan Xiaomi dikabarkan akan mengembangkan System on Chip (SoC) untuk mengatasi ketergantungan terhadap chip Qualcomm yang berasal dari AS.

Baca Lainnya