Selasa, 27 April 2021 14:22

Sering Lupa Matikan Laptop? Shut Down Otomatis Pakai Cara Ini

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Ilustrasi mematikan (shut down) laptop.
Ilustrasi mematikan (shut down) laptop. [limawaktu.id]

Limawaktu.id – Kehidupan kita di masa kini sudah tidak bisa lepas lagi dari yang namanya gadget, mulai dari yang mungil seperti smartphone hingga yang besar seperti komputer. Mayoritas pekerjaan dilakukan menggunakan gadget, seperti mengerjakan tugas, membuat laporan kerja, desain grafis, dan sebagainya. laptop dan adalah gadget yang sering menjadi andalan untuk melakukan itu semua.

Bagi mereka yang menyelesaikan pekerjaan di depan laptop, beban tugas terkadang membuat fisik lelah apalagi jika masih dikerjakan pada jam-jam tidur di malam hari. Begitu pekerjaan selesai, yang terlintas dalam pikiran adalah tidur dan ini sering membuat kita lupa bahkan malas mematikan laptop dan meninggalkannya begitu saja dalam keadaan terbuka. Meskipun dibekali fitur sleep atau hibernate, adakalanya laptop hanya mematikan layarnya dan tidak mematikan mesinnya secara total. Ini tentu membuat konsumsi daya lebih boros dan dalam jangka panjang bisa berpengaruh pada masa pakai baterai.

Untuk Anda yang kerap lupa men-shut down laptop, ada caranya agar laptop bisa mati secara otomatis setelah beberapa waktu tidak digunakan. Dilansir dari Kompas.com, ada tiga metode yang bisa ditempuh, yakni melalui Command Prompt (CMD), Task Scheduler yang sudah terinstal di Windows, dan aplikasi PowerOff Timer yang bisa diunduh di Internet. Simak caranya berikut ini.

1.       Shut down otomatis Dengan Command Prompt

Pertama, klik ikon kaca pembesar (Search) di samping tombol Start lalu ketikkan “cmd” tanpa tanda kutip. Setelah Command Prompt terbuka, ketikkan perintah “shut down /s /t <waktu dalam detik>” lalu tekan Enter pada keyboard. Sebagai contoh, jika kita ingin laptop mati setelah 15 menit tidak digunakan, ketikkan “shut down /s /t 900”. Untuk mengonversikan menit ke detik, cukup kalikan dengan 60, dan untuk konversi dari jam ke detik kalikan dengan 3600. Jika ingin membatalkan jadwal shut down, cukup buka kembali Command Prompt lalu ketikkan perintah “shut down /a” dan tekan Enter.

2.       Shut Down Otomatis dengan Task Scheduler

Pertama, klik ikon Search di samping ikon Start lalu ketikkan “task scheduler”. Setelah aplikasinya terbuka, klik menu “Action” lalu klik “Create Basic Task”. Berikutnya, ketik kata “shutdown” di kolom nama dan klik “Next”. Kemudian pilih pengulangan jadwal shut down yang diinginkan, apakah itu harian, mingguan, bulanan dan seterusnya, lalu klik “Next”. Selanjutnya, atur tanggal dan waktu shut down otomatis sesuai keperluan. Jika memilih pengulangan harian, shut down otomatis akan berulang setiap harinya di waktu yang telah ditentukan.

Setelah mengatur waktu, klik “Next” dan klik “Start a Program” di bagian kiri. Klik lagi “Next” dan masukkan perintah shut down yang akan menjalankan program shut down secara otomatis. Ketikan perintah “shutdown” di kolom “Program/script” dan “/s /t 0” di kolom “Add arguments (optional)”. Klik kembali “Next” lalu “Finish”.

3.       Shut Down Otomatis dengan PowerOff Timer

Untuk mengatur jadwal shut down otomatis di aplikasi PowerOff Timer, buka aplikasi tersebut dan klik “Shut down”. Kemudian atur waktu yang pas untuk men-shut down laptop secara otomatis, dan klik “Activate”. Jika ingin menonaktifkan penjadwalan ini, buka aplikasinya lalu klik “Deactivate”.

Demikian ketiga cara untuk mematikan laptop secara otomatis agar tidak bablas ketika ditinggal tidur atau lupa mematikannya. Meskipun begitu, tetap usahakan untuk ingat mematikan laptop setelah selesai digunakan dengan mengklik “Start”, gulir ke ikon Power, lalu klik “Shut down”. Setelah layar mati, barulah kita tutup layar laptop.

Baca Lainnya

Topik Populer