Senin, 3 Mei 2021 19:47

Penyebab Bunyi Gredek Pada Mesin Motor Matic dan Cara Mengatasinya

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Bunyi gredek pada motor matic dapat disebabkan dari masalah pada CVT.
Bunyi gredek pada motor matic dapat disebabkan dari masalah pada CVT. [mgtradio.com]

Limawaktu.id – Pernahkah Anda mendengar bunyi kasar dari bagian Continously Variable Transmission (CVT) motor matik saat memutar gas secara spontan? Suara itu dikenal sebagai bunyi “gredek” yang terdengar seperti bunyi kopling mesin yang tidak pas. Hal terasa mengganggu bagi sebagian pengendara karena merasa ada yang tidak beres dengan mesin.

Dilansir dari Medcom.id, ada empat kemungkinan penyebab timbulnya bunyi tersebut, antara lain kotoran pada CVT, karet penahan kanvas ganda sudah mengeras, gemuk pulley mengalami kebocoran, mengeras atau menipis, dan kerusakan pada roller CVT serta fan belt yang mulai aus.

Kotoran di CVT dapat muncul dari luar mesin atau karena adanya gangguan pada kanvas ganda. Karet yang keras tidak menyangga kanvas ganda dengan baik sehingga kerap terjadi benturan dengan mangkuk kopling, sedangkan masalah pada gemuk membuat kanvas ganda mudah goyang.

Untuk mengatasi bunyi gredek, hal yang dapat dilakukan pertama kali adalah memeriksa kebersihan CVT terutama mangkuk kopling dan fan belt serta rollernya. Mengutip dari CNNIndonesia.com, jika terdapat kotoran pada kanvas ganda maka tinggal dibersihkan dengan cara mengamplas bagian yang kotor. Selain itu cek bagian dalam mangkok ganda, apakah permukaannya sudah bergelombang atau tidak. Jika bergelombang, sebaiknya ganti dengan komponen yang baru. Hal ini juga berlaku pada kanvas ganda yang sudah aus.

Baca Lainnya

Topik Populer