Sabtu, 22 Mei 2021 10:16

OS Android 12 Rilis Akhir Tahun Ini, Simak 5 Fitur Kuncinya

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Penampakan tampilan antarmuka pengguna Android 12.
Penampakan tampilan antarmuka pengguna Android 12. [slashgear.com]

Limawaktu.id – Raksasa teknologi Google akan merilis Android 12, sistem operasi (OS) Android versi teranyar, akhir tahun 2021 nanti. Meskipun peluncuran versi finalnya masih menghitung bulan, pengguna dapat mencoba versi beta dari Android 12 yang dirilis untuk model smartphone tertentu, seperti dilansir dari TechRadar pada Sabtu (22/5/2021), 

Contoh model yang dapat mencicipi versi beta ini adalah Google Pixel 3 atau yang lebih baru, Xiaomi Mi 11, Nokia X20 dan lainnya. Pihak Google berencana akan menyematkan Android 12 versi full pada smartphone Pixel 6 yang kabarnya akan dirilis pada September atau Oktober mendatang.

Pengguna smartphone Google akan mendapatkan upgrade ini lebih dulu, sedangkan smartphone merek lain akan mendapatkan Android 12 ini secara bertahap, sehingga memerlukan waktu yang lama bagi pengguna smartphone non-Google untuk bisa menikmati OS tersebut.

Android 12 ini disebut sebagai upgrade OS yang membawa perubahan desain terbesar dalam sejarah Android. Apa saja perubahan-perubahan yang ditawarkan OS Android teranyar ini?

1.     Peningkatan Performa

Android 12 menjanjikan peningkatan performa dan konsumsi daya yang lebih irit. Google mengklaim upgrade OS ini akan mengurangi CPU time yang diperlukan untuk layanan sistem inti hingga 22 persen dan mengurangi penggunaan inti besar oleh server sistem hingga 15 persen. Dengan demikian, masa pakai baterai akan lebih lama dan smartphone akan lebih cepat serta responsif.

2.     Antarmuka Pengguna (UI) yang Baru

Android 12 membawakan tampilan Material Design yang baru. Google menyebut desain ini dengan nama Material You, yang merupakan perombakan total seluruh antarmuka pengguna dalam OS tersebut.

Berdasarkan versi beta-nya, tombol-tombol dibentuk lebih bundar dengan warna yang bervariasi dan animasi yang lebih halus, dan masih banyak lagi. Untuk tema warna antarmuka, Android 12 akan mengambil warna yang dominan dari wallpaper yang dipilih, menjadikan warna antarmuka senada dengan wallpaper.

3.     Privasi dan Keamanan

Privasi menjadi prioritas utama Android 12. Engine Android Private Compute Core memastikan seluruh aplikasi dan gawai mengikuti segala pengaturan privasi yang diatur pengguna. Notification Center juga akan memiliki akses cepat untuk menonaktifkan fitur smartphone yang sedang digunakan suatu aplikasi. Kemudian, pengguna juga dapat mengunci folder dengan sidik jari.

4.     Format File Foto baru

Android 12 akan mendukung format file foto baru, yakni AVIF. Format ini menjanjikan kompresi yang serupa dengan JPEG namun memiliki kualitas yang lebih baik. Foto berformat AVIF akan mempertahankan detail gambar dengan lebih baik.

5.     Google Assistant dan Fitur Lainnya

Pengguna dapat mengaktifkan Google Assistant dengan lebih mudah, cukup dengan menekan tombol power selama beberapa saat. Dengan upgrade android 12 ini, pengguna kini juga dapat mengendalikan TV Android atau Chromecast melalui smartphone, bahkan membuka kunci dan menyalakan mesin mobil pintar yang kompatibel tanpa harus mengeluarkan smartphone dari saku.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer