Selasa, 13 April 2021 14:17

Mengintip Spek Smartphone Murah Nokia C10 dan C20

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Nokia C10, salah satu smartphone Android Nokia yang baru dirilis.
Nokia C10, salah satu smartphone Android Nokia yang baru dirilis. [humas]

Limawaktu.id - HMD Global baru-baru ini merilis empat model smartphone berbasis android dengan brand Nokia, yakni nokia c10, C20, G10 dan G20. Dua model yang disebut pertama merupakan smartphone dengan harga yang murah meriah di bawah 2 juta rupiah.

Dilansir dari Detikcom, Nokia C10 rencananya akan dibanderol seharga 1,3 juta rupiah, sedangkan C20 dibanderol dengan harga 1,5 juta rupiah. Kedua model ini akan mulai beredar di pasaran global mulai Juni 2021 mendatang. Dengan harga tersebut, bagaimana spesifikasi yang ditawarkan kedua smartphone ini?

Menurut keterangan di website resmi Nokia, C10 hanya mendukung jaringan 3G sedangkan C20 sudah 4G seperti umumnya smartphone yang beredar saat ini. Pengguna dapat memasang dua kartu nano-SIM di smartphone yang satu ini.

Keduanya menjanjikan pemakaian baterai yang awet hingga seharian penuh, dengan kapasitas baterai sebesar 3000 mAh. Berbeda dari smartphone pada umumnya yang menggunakan baterai tanam, C10 dan C20 masih menggunakan baterai lepas-pasang (removable) layaknya ponsel-ponsel jadul.

Kedua smartphone ini dibekali dengan Operating System (OS) Android 11 Go Edition yang diklaim lebih smooth, lebih cepat, dan lebih aman, didukung dengan RAM sebesar 2 GB. Tipe C20 menggunakan CPU SC771e Quad-core berkecepatan 1,3 GHz. Sedangkan untuk C10, pihak Nokia tidak menyebutkan secara pasti jenis CPU, jumlah core dan kecepatannya.

Tidak lupa pula, Nokia membekali kedua smartphone anyarnya ini dengan kamera HDR depan dan belakang beresolusi 5 MP berikut LED flash pada kedua kameranya.

Di sektor penyimpanan, Nokia C10 yang memiliki varian warna Grey dan Light Purple memiliki kapasitas penyimpanan internal 16 GB, sedangkan C20 yang bervarian warna Dark Blue dan Sand berkapasitas sebesar dua kali lipatnya yakni 32 GB. Keduanya sama-sama mendukung penyimpanan eksternal hingga 256 GB.

Terakhir dari segi display, kedua smartphone ini dilengkapi dengan layar 6,5 inci HD+ berpelindung 2D Panda Glass yang cocok untuk menyaksikan berbagai tayangan hiburan.

Dengan  spek di atas, Nokia C10 dan C20 cocok difungsikan untuk kegunaan sehari-hari, hiburan multimedia dan tampil eksis di media sosial. Layar yang besar dan kamera HDR depan-belakang merupakan fitur yang layak dijagokan dari keduanya. Tertarik membeli?

Baca Lainnya

Topik Populer