Selasa, 20 April 2021 16:09

Layar Smartphone Ini Dapat Digulung dan Dilipat

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Prototipe smartphone layar gulung yang dikembangkan TCL.
Prototipe smartphone layar gulung yang dikembangkan TCL. [TCL]

Limawaktu.id – Inovasi yang dihadirkan para produsen smartphone semakin hari semakin layak diacungi jempol. Inovasi tersebut salah satunya terletak di bagian layar. Smartphone dengan layar lipat kini sedang menjadi tren di kalangan produsen. Tidak hanya itu, sebuah produsen asal Cina juga sedang mengembangkan smartphone dengan layar yang dapat digulung.

Dilansir dari Kompas.com, produsen tersebut adalah tcl, yang belum lama ini memamerkan sebuah purwarupa (prototipe) smartphone dengan konsep “Fold ‘n Roll” di mana layarnya dapat dilipat dan bahkan juga digulung.

Pada lipatan terkecilnya, layar smartphone ini berukuran 6,87 inci layaknya layar smartphone pada umumnya. Ketika lipatannya dibuka, diagonal layar akan bertambah menjadi 8,85 inci seukuran phablet. Jika smartphone ini dibentangkan lagi, maka diagonal layarnya menjadi semakin besar yakni 10 inci. Dengan demikian, smartphone ini dapat digunakan dalam tiga mode, yakni mode smartphone, mode phablet, dan mode tablet.

Pihak TCL menyebut, inovasi layar ini dimungkinkan oleh teknologi engsel generasi baru yang dikembangkannya. Berhubung smartphone ini masih berupa prototipe, pengembangannya masih belum selesai. Pihaknya masih mempelajari komponen yang diperlukan.

Saat dipamerkan, prototipe smartphone layar gulung ini masih berbahan plastik. Diperlukan waktu yang cukup lama untuk menyelesaikan pengembangan smartphone ini dan bisa merilisnya ke pasaran.

Sebelumnya, TCL menyatakan akan merilis smartphone lipat pertamanya pada akhir tahun ini, namun pihaknya belum memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai smartphone tersebut.

Baca Lainnya