Jumat, 23 April 2021 13:54

Kamera Depan Smartphone Akan Pindah ke Bawah Layar

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
ZTE Axon 20 5G, smartphone pertama yang mengadopsi kamera depan di bawah layar atau Under-Display Camera.
ZTE Axon 20 5G, smartphone pertama yang mengadopsi kamera depan di bawah layar atau Under-Display Camera. [gsmarena.com]

Limawaktu.id - Revolusi smartphone kembali merambah ke sektor penempatan kamera depan. Perkembangan layar yang semakin melebar tampaknya memaksa kamera selfie untuk kembali berpindah tempat. Setelah kamera poni, pop-up, dan punch hole, kali ini produsen memindahkan letak kamera depan ke bawah layar atau disebut “Under-Display Camera”.

Dilansir dari Kompas.com, dengan teknologi terbaru ini lensa kamera depan tidak akan terlihat oleh mata pengguna dan mengganggu layar. Under-display camera sudah diadopsi oleh smartphone ZTE Axon 20 5G yang rilis pada 2020 lalu. Dan di tahun ini, sederet smartphone baru yang mengadopsi teknologi ini akan bermunculan.

“Di paruh kedua tahun ini, Under Display Camera akan memulai debutnya dengan Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan ZTE,” jelas akun Twitter @Universeice, sebuah akun pembocor atau leaker yang selalu memberikan bocoran akurat seputar dunia gadget, dilansir dari Kompas.com. Produk Samsung yang dimaksud adalah Galaxy Z Fold 3 yang sebelumnya sudah dirumorkan akan menggunakan kamera under-display pada November 2020 lalu.

Perihal penggunaan kamera under-display ini, Presiden ZTE Ni Fei sebelumnya sudah mengonfirmasi bahwa pihaknya tengah mempersiapkan smartphone dengan kamera di bawah layar, dikutip dari GizChina oleh Kompas.com pada Selasa (20/4/2021). Begitu halnya dengan produsen seperti Oppo dan Xiaomi sempat memamerkan smartphone dengan fitur tersebut.

Dalam video pendek yang dirilis Oppo di media sosial Twitter resminya pada 2019, smartphone Oppo yang mengadopsi teknologi ini layarnya tampak memenuhi sisi depan tanpa ada poni atau lensa kamera. Ketika pengguna menggunakan kamera depan untuk selfie, smartphone hanya akan mengeluarkan suara shutter atau cekrek. Tampilan serupa juga dipamerkan oleh Xiaomi dalam video yang diposting di akun Twitter resminya.

 Kita lihat saja apakah benar nanti ke depannya produsen-produsen tersebut akan merilis smartphone dengan kamera under-display.

Baca Lainnya

Topik Populer