Senin, 31 Mei 2021 17:22

Jaringan 5G Masuk Indonesia, Begini Cara Mengaktifkannya

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Jaringan 5G sudah dapat dinikmati di Indonesia.
Jaringan 5G sudah dapat dinikmati di Indonesia. [Small Business]

Limawaktu.id – Masyarakat Indonesia kini sudah bisa menikmati jaringan 5G. Jaringan penerus 4G ini diklaim memiliki kecepatan koneksi yang jauh lebih ngebut.

Jaringan 5G dapat langsung digunakan pada smartphone model terbaru yang sudah mendukung konektivitas jaringan seluler generasi kelima ini.

Melansir dari Suara.com. untuk mengaktifkan jaringan 5G di smartphone Android, caranya adalah sebagai berikut.

Langkah pertama, masuklah ke menu setting, lalu masuk ke setting kartu SIM dan jaringan seluler. Setelah itu, pilih kartu SIM yang digunakan untuk koneksi internet dan pilih menu APN (Access Point Name) yang tertera di layar.

Langkah kedua, pilih “APN Baru”. Layar akan menampilkan beberapa kolom yang harus diisi, seperti username, password, proxy, dan autentikasi. Isilah username dan password ini secara bebas, namun mudah untuk diingat.

Langkah ketiga, lakukan konfigurasi dengan mengisi 8.8.8.8 di kolom port, 510 pada MCC, dan 11 pada MNC. Kemudian pilih IPv4/IPv6 pada protokol APN dan protokol roaming APN. Jaringan pun akan berubah dari 4G menjadi 5G.

Langkah keempat, lakukan speed test. Disarankan untuk menggunakan aplikasi yang bisa menguji kecepatan internet data seluler dan Wi-Fi. Pengguna dapat mengunjungi situs speedtest.net untuk mendownload aplikasinya yang tersedia untuk berbagai platform.

Jika kecepatan stabil dan kencang, maka konfigurasi jaringan 5G sudah berhasil. Koneksi data seluler generasi terbaru yang cepat pun sudah bisa dinikmati untuk seterusnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Lainnya