Senin, 3 Mei 2021 13:10

Harga Komponen Makin Mahal, Tunda Dulu Rakit dan Upgrade PC

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Komponen PC seperti prosesor, GPU dan RAM diperkirakan mengalami kenaikan harga tahun ini.
Komponen PC seperti prosesor, GPU dan RAM diperkirakan mengalami kenaikan harga tahun ini. [wepc.com]

Limawaktu.id – Berencana untuk merakit atau upgrade komputer (PC) setelah Lebaran? Sebaiknya tunda dahulu, karena harga komponen seperti prosesor, pengolah grafis (GPU) dan RAM saat ini sedang mahal-mahalnya.

Melansir Kompas.com, kenaikan harga itu diakibatkan kelangkaan chip global yang tengah terjadi. CEO Micron Sajav Mehrotra mengatakan, angka permintaan yang tinggi menyebabkan stok barang makin menipis.

"Saat ini pasar DRAM tengah dilanda kekurangan pasokan barang yang didorong oleh tingginya permintaan. Hal ini mengakibatkan kenaikan harga DRAM (Dynamic RAM, red) yang berpotensi bakal terus berlanjut sepanjang tahun," ujar Mehrotra seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (3/5/2021).

Berdasarkan temuan dari firma riset pasar Trendforce, harga DRAM mengalami kenaikan sebesar 3-8% pada kuartal pertama tahun 2021. Diperkirakan angkanya akan terus meningkat jadi 13-18% pada kuartal kedua.

Selain RAM, harga chip prosesor dan GPU diperkirakan akan semakin mahal setelah Taiwan Semiconductor Company (TSMC) menaikkan harga pada akhir Maret lalu. Produsen-produsen yang terdampak antara lain Intel, AMD, dan Nvidia sehingga imbasnya akan dirasakan langsung oleh konsumen.

Dikabarkan, pihak Micron sempat mengalami gangguan produksi DRAM akibat gempa bumi yang melanda Taiwan pada Desember 2020 lalu. Lebih luas lagi, saat ini Taiwan sedang mengalami kekeringan yang ikut mempengaruhi kinerja produksi.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer