Senin, 3 Mei 2021 15:46

Google Lens Kini Bisa Terjemahkan Teks di Screenshot

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Google Lens kini bisa terjemahkan teks yang terdapat pada screenshot.
Google Lens kini bisa terjemahkan teks yang terdapat pada screenshot. [emergingedtech.com]

Limawaktu.id – Biasanya saat menerjemahkan teks yang termuat di gambar screenshot, kita perlu menyalin teksnya secara manual untuk kemudian diterjemahkan di Google Translate. Jika teks tersebut singkat dan menggunakan huruf latin biasa, hal itu tidak jadi masalah. Tapi bagaimana jika kalimatnya panjang dan menerjemahkan dari bahasa Jepang, Tiongkok, Thailand atau bahasa lain yang menggunakan aksara non-latin?

Terjemahan manual itu tidak diperlukan lagi berkat fitur baru yang tersemat pada Google Lens versi terbaru, yang kini dapat menerjemahkan teks dalam screenshot secara langsung. Dilansir dari Kompas.com, fitur ini sudah bisa dinikmati pada smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 11 dan yang terbaru.

Fitur ini dikatakan terintegrasi dengan screenshot UI pada Android 11, yang memungkinkan pengguna untuk menerjemahkan teks yang ada pada foto screenshot. Untuk menerjemahkannya, pengguna cukup mengetuk opsi “translate” di panel quick actions, lalu pengguna akan dialihkan secara otomatis ke aplikasi Google Lens untuk melihat hasil terjemahannya.

Secara default, Google Lens akan menerjemahkan teks ke dalam bahasa Inggris. Bahasa ini bisa diganti melalui menu yang terdapat di sisi atas layar. Pilihan bahasa yang sudah tersedia di Google Lens antara lain bahasa Inggris, Jerman, Prancis, Ibrani, dan sebagainya. Jika pengguna ingin menggunakan bahasa lain, misalnya Indonesia, pengguna dapat mendownload terlebih dulu paket bahasa yang tersedia di Google.

Teks hasil terjemahan Google Lens dapat disalin langsung dengan memilih opsi “copy all” atau membukanya di aplikasi Google Translate. Screenshot yang telah diterjemahkan juga dapat dibagikan ke berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Menariknya, ikon “share” ini menampilkan animasi bergerak dari logo media sosial yang terpasang di smartphone pengguna.

Baca Lainnya

Topik Populer