Rabu, 28 April 2021 14:51

Fitur Baru YouTube Bantu Pengguna Hemat Kuota Internet

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Pembaruan terbaru aplikasi YouTube membawakan fitur preferensi kualitas video.
Pembaruan terbaru aplikasi YouTube membawakan fitur preferensi kualitas video. [limawaktu.id]

Limawaktu.id – Menonton konten-konten YouTube adalah kebiasaan yang dilakukan hampir semua orang di waktu santai. Jika sedang asyik, para pemirsa YouTube dapat menghabiskan waktu berjam-jam menyaksikan video yang disajikan dengan kualitas tinggi, biasanya 720p ke atas. Tentunya semakin tinggi kualitas video, semakin besar pula konsumsi data internet yang dihabiskan. Jika pengguna menggunakan kuota internet, berlama-lama menonton YouTube bisa membuat kuota jebol.

Untuk mengatasinya, pengguna bisa memanfaatkan fitur terbaru YouTube yang belum lama ini merilis pembaruan di Google Play Store. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memilih “preset” kualitas video yang tentunya lebih diorientasikan pada konsumsi data.

Fitur ini dapat diakses saat pengguna tengah menonton video. Caranya, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas layar, lalu pilih kualitas video. Di layar selanjutnya, YouTube akan memberikan informasi resolusi video yang sedang digunakan. Di bawahnya, pengguna bisa memilih satu dari empat opsi yang disediakan.

Pertama, opsi “Otomatis” yang menerapkan penyesuaian resolusi video dengan kecepatan koneksi internet yang dimaksudkan untuk memberi pengalaman menonton terbaik.  Kedua, opsi “Kualitas gambar lebih tinggi” yang menggunakan lebih banyak data. Ketiga, opsi “penghemat data” yang mengatur kualitas video ke resolusi rendah untuk menghemat kuota. Terakhir, pengguna diberikan pilihan lanjutan untuk memilih sendiri resolusi video yang diinginkan mulai dari 144p, 240p, 360p dan seterusnya.

Jika pengguna menggunakan koneksi WiFi dengan data unlimited, tidak perlu pusing memikirkan konsumsi data. Atur saja kualitas video ke opsi yang kedua untuk menikmati kualitas gambar jelas dan jernih. Sebaliknya, jika ingin menghemat kuota, pengguna bisa memilih opsi “Penghemat data” dan YouTube secara otomatis akan menurunkan kualitas video antara 240p-360p. Di sisi lain, jika koneksi internet lambat, gunakan opsi Otomatis agar pemutaran video kembali lancar meskipun ada penurunan kualitas.

Tidak hanya saat menonton, opsi pilihan kualitas video ini dapat pula diakses dari menu pengaturan YouTube. Untuk mengaksesnya, ketuk foto akun Google di sudut kanan atas, scroll dan pilih “Setelan” lalu pilih “Preferensi kualitas video”. Sebelum menikmati fitur ini, jangan lupa untuk memastikan bahwa aplikasi YouTube di smartphone sudah diupdate ke versi terbaru, baik di Play Store maupun App Store.

Baca Lainnya

Topik Populer