Kamis, 22 April 2021 15:24

Emulator EKA2L1 Hadirkan Game Nokia N-Gage di Android

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Game Nokia N-Gage kini dapat dimainkan di smartphone Android berkat emulator EKA2L1.
Game Nokia N-Gage kini dapat dimainkan di smartphone Android berkat emulator EKA2L1. [Gizmochina]

Limawaktu.id – Masih ingat dengan Nokia N-Gage, ponsel lawas yang merupakan perpaduan antara telepon genggam dan konsol game? Dengan bentuknya yang terinspirasi dari konsol Gameboy Advanced kembangan Nintendo, ponsel Symbian yang dirilis pada 2003 silam ini memang dirancang khusus untuk memainkan beragam game konsol populer di masanya, menyaingi Nintendo.

Dikutip dari Pastemagazine.com, pada akhirnya N-Gage gagal menenggelamkan popularitas rivalnya itu. Meski begitu beberapa game yang ditawarkan berhasil singgah di hati penggunanya, antara lain Pocket Kingdom: Own the World dan Pathway to Glory yang merupakan game original kembangan Nokia. Selain dua judul itu, game populer lain seperti Tony Hawk’s Pro Skater, Call of Duty, Pandemonium dan lainnya juga dapat dimainkan di ponsel unik tersebut.

Hampir 20 tahun berlalu, kini game-game sajian Nokia N-Gage hadir untuk gawai Android. Adalah EKA2L1, sebuah emulator game berbasis Symbian S60v1, S60v3 dan S60v5. EKA2L1 mengemulasi game-game N-Gage sehingga dapat dimainkan di smartphone Android.

Dikutip dari Kompas.com, judul-judul game yang dapat dimainkan sementara ini antara lain Crash Bandicoot Nitro Kart 3D, The Sims 2 Pets, Tomb Raider: Legends, Worms War Party, Assassin’s Creed, Rayman 3, 7 Days Salvation, dan Lament Island.

Pengguna yang ingin bernostalgia dengan game-game tersebut dapat mengunduhnya di Play Store secara gratis. Namun seperti emulator game pada umumnya, EKA2L1 tidak dibekali dengan ROM game, sehingga pengguna harus mencari sendiri di internet.

Menurut XDA Developers, EKA2L1 dapat menjalankan game pada framerate yang lebih tinggi daripada ponsel N-Gage. Dengan kata lain, grafis game akan berjalan dengan lebih smooth. Emulator ini dapat dijalankan pada perangkat Android 64-bit.

Baca Lainnya