Senin, 24 Mei 2021 15:04

Cegah Tag Post Tidak Diinginkan di Facebook dengan Fitur Timeline Review

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Ilustrasi fitur Timeline Review Facebook.
Ilustrasi fitur Timeline Review Facebook. [makeoverarena.com]

Limawaktu.id – Berbagi beragam momen berharga dengan keluarga dan teman terdekat adalah salah satu esensi dari penggunaan media sosial Facebook.

Untuk dapat berbagi momen-momen ini, pengguna Facebook biasanya akan memposting status, foto, atau video yang mengisahkan momen tersebut dan menandai (tagging) akun anggota keluarga atau teman yang turut terlibat.

Tidak hanya pada postingan momen, aktivitas tagging akun Facebook ini kerap dijumpai dalam postingan-postingan lain seperti informasi, hiburan, dan konten-konten lainnya.

Ketika akun seseorang di-tag dalam suatu postingan, secara otomatis postingan tersebut akan muncul di dinding profil Facebook-nya dan dapat dilihat oleh teman dan bahkan akun lain yang tidak ada dalam daftar teman.

Kadangkala, pengguna akan merasa kurang sreg saat di-tag dalam postingan tertentu, biasanya karena konten yang dimuat kurang penting atau bahkan tidak menyenangkan baginya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pengguna dapat memanfaatkan fitur Timeline Review, yang memungkinkan pengguna untuk “mencegat” terlebih dahulu setiap postingan yang menandainya dan mengecek postingan tersebut sebelum ditampilkan di profil.

Dengan fitur ini pula pengguna dapat menghapus tag postingan yang bersangkutan jika tidak berkenan.

Secara default, Facebook menonaktifkan fitur Timeline Review, sehingga pengguna yang ingin memanfaatkan fitur ini harus mengaktifkannya terlebih dulu.

Untuk mengaktifkan fitur Timeline Review Facebook pada smartphone, buka aplikasi Facebook kemudian sentuh ikon tiga strip di pojok kanan atas tepatnya di bawah ikon Messenger. Kemudian scroll layar ke bawah dan sentuh “Pengaturan”. Setelah itu, scroll lagi ke bawah dan sentuh “Profil dan Penandaan”.

Di layar berikutnya, scroll ke bawah dan sentuh “Tinjau postingan yang menandai Anda sebelum postingan tersebut ditampilkan di profil Anda?”. Terakhir, tekan tombol di samping “Tinjau Postingan yang Menandai Anda” untuk mengaktifkan fitur Timeline Review.

Langkah-langkah mengaktifkan fitur Timeline Review. (limawaktu.id)

Setelah fitur Timeline Review aktif, jika sewaktu-waktu ada akun yang men-tagging pengguna dalam sebuah postingan, pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk meninjau terlebih dahulu postingan yang dimaksud.

Untuk memeriksanya, cukup sentuh notifikasi tersebut dan Facebook akan menampilkan postingan yang menandai pengguna. Di sini, pengguna diberikan dua opsi, apakah ingin menyembunyikan postingan tersebut atau menambahkannya ke profil.

Apabila pengguna memilih untuk menyembunyikan postingan, pengguna dapat melaporkan atau menghapus tag postingan tersebut. Untuk menghapus tag, pilih opsi “Hapus tanda” kemudian di layar berikutnya pilih lagi “Hapus tanda”.

Langkah-langkah menyembunyikan postingan dan menghapus tag. (limawaktu.id)

Postingan tersebut tidak akan lagi menandai pengguna, meskipun keberadaannya masih dapat ditemukan di pencarian, kabar beranda, dan tempat lain di Facebook.

Baca Lainnya