Selasa, 4 Mei 2021 17:13

5 Tips Beli Smartphone Baru dengan Uang THR

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Uang THR Lebaran terkadang dimanfaatkan untuk membeli smartphone baru.
Uang THR Lebaran terkadang dimanfaatkan untuk membeli smartphone baru. [99.co]

Limawaktu.id – Momen Lebaran setiap tahunnya pasti selalu identik dengan yang namanya Tunjangan Hari Raya alias THR. Betapa tidak, tunjangan ini hanya diberikan setahun sekali menjelang Idul Fitri. Penerima THR dapat menggunakan uang tunjangan ini untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah membeli smartphone baru, baik untuk diri sendiri maupun untuk anak tersayang.

Ponsel atau smartphone yang beredar saat ini rata-rata berkisaran harga mulai Rp 2 juta-8 juta, dan untuk kelas flagship harganya bisa mencapai belasan juta. Jika mau membeli smartphone dengan uang THR, kita perlu selektif dalam memilih model yang akan dibeli karena nominal uang THR cukup terbatas. Dilansir dari hukumonline.com, THR biasanya dibayarkan sebesar gaji bulanan bagi karyawan yang sudah bekerja lebih dari satu tahun, dan kurang dari gaji bulanan jika bekerja di bawah satu tahun.

Berikut ini lima tips membeli smartphone baru dengan uang THR agar kita tidak kecewa dengan smartphone yang dibawa pulang dan uang yang dikeluarkan tidak terbuang percuma.

1.       Pilih smartphone sesuai kebutuhan

Jika Anda memerlukan smartphone untuk chatting atau menjelajah media sosial, tidak perlu membeli yang speknya tinggi karena otomatis harganya juga akan lebih mahal. Untuk yang gemar foto-foto bisa memilih smartphone dengan kamera yang menghasilkan foto berkualitas baik, dan dilengkapi fitur-fitur yang berguna untuk fotografi. Bila anda ingin membeli smartphone yang kuat dipakai gaming, pilih yang memiliki spek mumpuni dan direkomendasikan untuk bermain game.

2.       Tentukan budget

Sudah tahu smartphone seperti apa yang dibutuhkan? Saatnya menentukan budget. Untuk smartphone penggunaan sehari-hari, kisaran harganya cukup ekonomis. Dengan budget Rp 1-2 jutaan saja, Anda sudah bisa membawa pulang smartphone untuk berkomunikasi melalui pesan instan dan media sosial. Untuk kebutuhan fotografi, sebaiknya siapkan budget Rp 3-4 jutaan sesuai perkiraan spek kamera yang dibutuhkan. Sedangkan untuk smartphone gaming, budget yang dibutuhkan akan lebih besar. Untuk amannya, siapkan minimal Rp 4 juta.

3.       Sesuaikan spek dengan kebutuhan

Untuk kebutuhan sehari-hari, smartphone dengan prosesor quad-core 2 GHz dan kapasitas 3/32 GB atau 4/64 GB sudah cukup. Sementara untuk pecinta fotografi smartphone dan selfie, utamakan spek kamera. Kebanyakan smartphone saat ini memiliki lebih dari satu lensa, yang mana setiap lensa dipergunakan untuk mode pemotretan yang berbeda-beda seperti wide-angle, portrait, makro, dan sebagainya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukuran lebar lensa, yang akan menjadi faktor penentu kejelasan gambar di kondisi cahaya yang gelap.

Untuk keperluan gaming, sesuaikan dengan karakteristik game yang dimainkan. Jika bukan game berat, prosesor octa-core 2 GHz dengan kapasitas 4/64 GB sekiranya sudah cukup. Sedangkan untuk game berat, disarankan memilih smartphone dengan prosesor Snapdragon seri 700-an ke atas dengan kapasitas RAM dan penyimpanan minimal 6/128 GB, serta didukung kapasitas baterai yang besar dan mendukung fast-charging. Hal ini dikarenakan game berat membutuhkan resource hardware dan kapasitas penyimpanan yang lebih tinggi, serta tentunya konsumsi daya yang besar.

4.       Survei calon-calon smartphone baru

Setelah menentukan spek, kita bisa lanjut dengan mensurvei model-model smartphone yang sesuai kriteria. Mulailah mencari dengan kata kunci atau keyword harga, jenis prosesor, kapasitas, atau fitur tertentu yang diinginkan. Sebagai contoh, jika kita ingin mencari smartphone untuk fotografi landscape atau pemandangan, gunakan kata kunci “smartphone untuk foto landscape” atau “rekomendasi smartphone untuk fotografi”. Anda akan mendapatkan berbagai informasi mengenai smartphone dengan spek kamera yang sesuai.

5.       Tonton video review smartphone di YouTube

Tips ini merupakan yang paling penting. Jangan sampai uang THR melayang sia-sia hanya karena kita salah meminang smartphone. Kadangkala kita masih merasa kurang sreg dengan smartphone yang baru dibeli, entah itu dari performa, kualitas foto, atau bahkan kapasitas baterai. Semuanya itu berhubungan dengan spek yang tentunya tidak akan bisa diperbaiki, diganti atau diupgrade kecuali Anda membeli smartphone yang lebih bagus. Karenanya sangat disarankan untuk menonton video review smartphone yang akan dibeli, agar kita bisa mengambil keputusan berdasarkan penilaian dan kepuasan orang lain yang sudah mencobanya. Banyak channel YouTube yang membahas bermacam-macam smartphone secara luar-dalam, misalnya Gadgetin.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer