Sabtu, 28 Agustus 2021 11:45

5 Aplikasi Penting yang Wajib Ada di Laptop

Reporter : Wawan Gunawan
Ilustrasi laptop.
Ilustrasi laptop. [google]

Limawaktu.id – Apa yang Anda lakukan untuk pertama kalinya setelah baru saja membeli laptop yang sudah terpasang sistem operasi (OS) di dalamnya? Ya, menginstall software aplikasi adalah langkah yang penting dalam mempersiapkan perangkat laptop agar bisa segera digunakan.

Beragam software aplikasi dengan berbagai fungsi banyak bertebaran di jagad maya, dan Anda tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan, apakah untuk sekedar menonton film, mengetik, editing, atau bermain game.

Namun lebih dari itu, ada beberapa aplikasi penting yang wajib terinstall di laptop, yang tanpanya Anda bisa saja menemui kendala saat menggunakan komputer portabel tersebut. Beberapa aplikasi bawaan sudah dapat menutupi sebagian kebutuhan penting ini, namun terkadang hal itu belum cukup memuaskan bagi sebagian pengguna.

Berikut ini lima software aplikasi penting yang harus ada di perangkat laptop Anda demi kelancaran penggunaan dan menjaga kinerja laptop, versi Limawaktu.id.

1.       Peramban Alias Browser

Untuk bisa menginstall software aplikasi, Anda memerlukan file installer aplikasi yang bersangkutan. Apabila belum memilikinya, kita bisa meminta pada teman atau mendownloadnya di internet. Jika ingin mendownload, Anda tentu memerlukan aplikasi peramban atau browser untuk mengakses internet dan mendownload aplikasi-aplikasi yang diperlukan.

Laptop dengan OS Windows 10 sudah dilengkapi dengan browser bawaan Microsoft Edge, yang saat ini tengah naik popularitasnya. Melansir DigitalTrends pada Rabu (12/5/2021), browser besutan Microsoft ini menjadi pesaing Google Chrome berkat “pengaturan privasi built-in yang hebat” dan lebih hemat konsumsi RAM dan CPU. Tentu saja, jika kurang sreg, browser bawaan ini bisa dimanfaatkan untuk mendownload browser favorit Anda.

2.       Akselerator Download

Browser memang bisa melakukan pengunduhan, namun seringkali kecepatannya tidak stabil dan maksimal. Selain itu, bila terjadi gangguan koneksi internet atau hal lain yang membuat proses download terhenti, pengguna seringkali tidak bisa melanjutkan proses downloadnya dan harus mengulang dari awal. Jika ukuran filenya kecil, hal itu tidak menjadi masalah. Tetapi bagaimana jika sizenya mencapai hitungan GB?

Sehubungan dengan itu, aplikasi akselerator download sangat vital peranannya. Dengan adanya software ini, proses download file dapat berjalan dengan maksimal dan bahkan jika terjadi gangguan, pengguna masih bisa melanjutkan proses download, bergantung pada website penyedia file tempat Anda mendownload. Software akselerator yang populer di kalangan pengguna adalah Internet Download Manager.

3.       Pengekstrak file ZIP dan RAR

Pengunggah atau uploader file seringkali mengemas filenya dengan format ZIP dan RAR. Kedua format ini adalah jenis file terkompresi (compressed) yang menyatukan beragam jenis file menjadi satu untuk memudahkan transfer antar pengguna dan perangkat. Jika mendownload file dengan format ini, Anda harus memanfaatkan software ekstraktor ZIP atau RAR untuk mengakses dan mengekstrak file-file yang ada di dalamnya, sehingga di kemudian hari Anda bisa membuka file-file tersebut lewat penyimpanan hard drive seperti biasa. Aplikasi ekstraktor yang populer digunakan antara lain WinRar dan 7Zip.

4.       Pembersih File Sampah

Ketika digunakan, aplikasi biasanya menghasilkan temporary file dan cache untuk mengoptimalkan jalannya aplikasi ketika digunakan kembali di kemudian hari. Seiring berjalannya waktu dan semakin banyak aplikasi, temporary dan cache file ini akan menjadi file sampah (junk file) yang semakin menumpuk dan membuat laptop jadi lemot.

Hal ini bisa makin parah jika banyak aplikasi yang berjalan di background. Untuk mengatasinya, Anda bisa menginstal aplikasi pembersih (cleaner) yang dapat membersihkan isi laptop dari junk file secara berkala. CCleaner adalah salah satu aplikasi pembersih yang banyak digunakan pengguna laptop dan PC.

5.       Pengolah dokumen

Meskipun bukan kegunaan utama, aplikasi pengolah dokumen seperti Microsoft Office masih akan tetap diperlukan, setidaknya untuk melihat isi dokumen atau keperluan mengetik sesekali. Saat melakukan instalasi,Anda bisa memilih aplikasi Office mana yang diperlukan, entah itu Word, Powerpoint, Excel, atau yang lainnya, sehingga tidak perlu menginstal aplikasi yang tidak dibutuhkan. Jika benar-benar tidak ingin menginstall Office, setidaknya Anda menggantinya dengan aplikasi PDF viewer seperti Adobe Acrobat atau Foxit PDF.

Demikian 5 aplikasi penting yang wajib ada di dalam perangkat laptop atau PC Anda. Selain dari daftar di atas, jangan lupa pula untuk menginstall software driver yang sesuai dengan model laptop demi kinerja yang optimal. Untuk antivirus sendiri, Windows 10 sudah memiliki antivirus bawaan bernama Windows Defender sehingga Anda tidak perlu menginstal antivirus lain. Perlu diingat, dapatkanlah aplikasinya secara legal dengan cara membelinya jika Anda mampu.

Baca Lainnya

Topik Populer