Senin, 18 Juli 2022 20:48

Tjikopi Hidji, Tempat Nongkrong Nuansa Jadoel

Reporter : Iman Nurdin
Tjikopi Hidji, kafe dan resto bernuansa jadoel
Tjikopi Hidji, kafe dan resto bernuansa jadoel [Iman Nurdin]

Limawaktu.id,- Menikmati kopi di tengah hiruk pikuk Kota Bandung, di Tjikopi Hidji salah satu. Lokasi kafe ini persis di persimpangan antara jalan Talagabodas dan Pelajar Pejuang, Kota Bandung, Jawa Barat.

Di tengah suasana ini, kafe dan restoran menawarkan suasana jaman tempo dulu dengan pemandangan keramaian kota Bandung. Berada di lantai dua, suasana kafe ini menjadi menarik dengan beragam variasi minuman kopi.

"Kita hadir memberi alternatif tempat ngopi dan nongkrong di Bandung, " kata pemilik cafe & resto Tjikopi Hidji, Vindy Adhidarma Kusuma kepada Limawaktu.id, Senin (18/07/2022).

Menurut Vindy, Tjikopi Hidji  memang menyajikan kopi-kopi cita rasa tinggi. Namun dengan harga yang relatif terjangkau, para pengunjung dapat merasakan beragam jenis-jenis kopi khas Jawa Barat.

"Ada banyak jenis kopi yang disajikan, mulai kopi asal Garut hinggal Kabupaten Bandung Barat. Kopi di Jawa Barat itu lebih didominasi oleh arabica, " imbuh Vindy. 

Di balik berdirinya Tjikopi Hidji, diawali Vindy sebagai penyuka kopi. Hingga akhirnya dirinya mempelajari mulai dari hulu hingga hilir. "Jadi filosofi cafe ini, kopi yang bisa menyatukan kita, atau cikopi nu ngahijikeun, " ungkapnya.

Dengan nuansa jadul, Tjikopi Hidji memang memberi kesan nostalgia. Ornamen barang-barang vintage menjadikan kafe ini menghadirkan suasana rumah alias homy.

"Ini yang kita tawarkan, pengunjung kerasan banget. Kursi sofa dan ornamen vintage, plus kopi, menyatukan setiap orang yang datang. Coba saja..," ujar Vindy. 

Roasting Hand Made

 

Selain tempat menikmati kopi dan panganan khas, Tjikopi Hidji pun menyajikan proses roasting kopi. Uniknya, mesin roasting ini dibuat secara mandiri atau handmade.

"Kami juga memberikan edukasi sekaligus bisnis. Dan kita tempatkan persis di depan sebelum masuk kafe, " kata Vindy

Mesin roasting buatan sendiri ini, kata Vindiy memiliki keunikannya sendiri. Dengan artifisial intelegent  mesin dengan tenaga listrik ini, mampu me-roasting kopi dalam waktu kurang 10 menit.

"Terlebih lagi karbon yang dihasilkan pembakaran kopi, tidak menyatu dengan kopi. Sehingga ketika matang, cita rasa kopi murni terasa, " terangnya.

Tak salah jika mencoba menikmati kopi sambil memandang keriuhan kota Bandung. Menjadi sensasi menarik sambil ngobrol dan meminum kopi.

Baca Lainnya