Senin, 3 Mei 2021 21:20

Tips Memilih Makanan Sehat untuk Kucing

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Kucing harus diberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi dan golongan umurnya.
Kucing harus diberikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan gizi dan golongan umurnya. [petfoodprocessing.net]

Limawaktu.id – kucing adalah hewan piaraan yang memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kebutuhan nutrisi mereka tidaklah sama persis. Pemilik kucing harus memperhatikan berbagai factor dalam memilih makanan yang sehat, seperti umur kucing, status gizi, kesehatan, dan gigi geligi. Semua factor ini berpengaruh pada kebutuhan gizi pokok si kucing.

Dilansir dari Suara.com, Veterinarian senior Drh. Diah Pawitri mengatakan, anak kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan kucing yang sudah dewasa. Anak kucing membutuhkan makanan yang lebih lunak dengan nutrisi yang seimbang. Begitu pula dengan kucing yang sudah tua, kebutuhan makanannya harus memperhatikan kerentanan pada masalah gigi dan penurunan sistem imun.

Pemilik kucing perlu memperhatikan kadar air dalam makanan kucing, yang terbagi menjadi makanan basah dan kering. Menurut Diah, makanan basah mengandung kadar air lebih yang tinggi sehingga kucing tidak kekurangan cairan, dan biasanya lebih disukai dari segi rasa, tekstur, dan bau. Makanan basah juga dapat sangat membantu kucing yang memiliki masalah dengan ginjal. Namun kekurangannya, makanan basah dapat menimbulkan karang gigi.

Sedangkan makanan kering cenderung lebih mendukung kesehatan gigi kucing, tetapi kandungan zat pengawet yang ada dalam makanan terkadang dapat mengurangi efisiensi penyerapan nutrisi bagi kucing. Terlepas dari kadar airnya, Diah mengatakan makanan kucing harus berprotein tinggi, mengandung asam amino, serat, dan bahan lainnya yang mendukung pertumbuhan flora usus, karena kucing adalah karnivora sejati.

Selain makanan yang “diracik” sendiri, ada baiknya pula pemilik memberikan makanan yang sudah diformulasikan khusus oleh dokter hewan. Makanan jenis ini sudah mengandung nutrisi yang seimbang dan disesuaikan dengan kebutuhan kucing.

Lebih lanjut Diah menjelaskan, pemilik dapat mengetahui tahap umur dan kesehatan kucing dari bulu, nafsu makan, perilaku hingga ukuran kucing, Ia juga menghimbau untuk  mencari makanan yang telah dikembangkan dan direkomendasikan oleh dokter hewan makanan dengan asupan nutrisi yang sesuai dengan keunikan si kucing.

Baca Lainnya