Rabu, 16 Juni 2021 18:40

Nikmatnya Sruput Kopi di Inaka Coffee

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Limawaktu.id – Bagi Anda penikmat kuliner terlebih yang suka sruput kopi, Inaka Coffee akan menjadi pilihan yang pas untuk kongkow sambil ngopi. Berlokasi di Jalan Padat Karya nomor 215 Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Inaka Coffee menyajikan suasana nyaman dan asri sehingga bisa menjadi tempat ngopi yang menyenangkan.

Inaka Coffee menempati area yang luas dengan beberapa ornamen bangunan antik di dalamnya. Pantauan Limawaktu.id di lokasi pada Rabu (16/6/2021), tempat untuk menyeruput kopi pun tersebar di berbagai spot, baik indoor maupun outdoor. Di bagian depannya, pelanggan akan disuguhi suasana taman yang asri, segar dan menyenangkan dinaungi bangunan bergaya antik.

Di bagian belakang kafe, bangku pelanggan menghadap jauh ke arah kawasan perbukitan di wilayah Cangkorah, Cimahi Selatan. Kendaraan-kendaraan yang melintas di Jalan Cangkorah pun dapat terlihat dari sini. Sementara di spot yang lain, pelanggan bisa menikmati secangkir kopi di bawah naungan bangunan berkaca lebar sambil memandang lepas ke wilayah perbukitan tersebut.

Di bagian bawah merupakan tempat para barista handal Inaka Coffee meracik kopi menjadi beragam jenis minuman kopi. Pada halaman luar dari ruangan bernuansa retro itu, masih ada lagi spot untuk menikmati kopi sambil berfokus menyelesaikan pekerjaan di depan laptop atau asyik main bareng (mabar) game online ditemani hotspot WiFi gratis.

Kehadiran Inaka Coffee sendiri tidak lepas dari peranan sang owner Raditya Fajri, yang menariknya masih menginjak usia sangat muda. Ia mengaku, untuk mewujudkan usaha kedai kopi ini memang perlu pengorbanan, terutama waktu untuk bermain dengan teman sebayanya.

“Saat awal merintis Inaka, banyak waktu yang dikorbankan soalnya harus fokus ke usaha sendiri. Lumayan banyak waktu main yang dikorbankan, tapi waktu main itu tetap harus ada,” kata pemuda yang akrab dipanggil Radit itu, ditemui di kesempatan yang sama.

Ia menceritakan, awalnya dirinya mengambil lesson (pelajaran) kopi, kelas barista dan sebagainya. Setelah satu tahun berjalan meraih sertifikasi, barulah dirinya bersiap merintis usaha di bidang kopi. Saat ini bisnis kopi diakuinya memang sedang gencar-gencarnya.

“Saya ingin mengikuti tren perkembangan jaman, banyak coffee shop bermunculan, jadi saya ingin coba-coba juga di Cimahi,” katanya.

Keberhasilan Radit membuka coffee shop juga tak luput dari peran sosok di balik layar, tidak lain dan tidak bukan adalah sang orangtua, yang mengijinkan Radit memilih lokasi kedai di bangunan milik keluarganya sendiri. Ia mengungkapkan, berkat dukungan ini dirinya tak perlu ambil pusing mencari-cari dan menyewa tempat.

“Di sini view-nya juga sudah sangat menjual lah,” ujar Radit.

Radit mengungkapkan, kopi merupakan salah satu komoditas yang rumit. Untuk meracik kopi berkualitas tinggi saja misalnya, seorang peracik kopi atau barista harus “disekolahkan” atau dilatih dengan sungguh-sungguh dan biayanya pun tidak main-main.

Salah satu menu minuman kopi yang terbilang unik di Inaka Coffee ini adalah Ice Coffee Banana. Menurut Fahrul salah satu barista, varian es kopi rasa buah lainnya yang ada di kedai ini antara lain kelapa, alpukat, dan original.

“Yang original rasanya lebih ke almond. Orang-orang yang suka kopi yang creamy-creamy gitu kita kasih rasa almond,” kata Fahrul.

Minuman yang disajikan Inaka Coffee tidak hanya sebatas kopi. Beberapa menu mocktail pun dapat dipesan oleh pelanggan yang tidak minum kopi. Fahrul menyebutkan, Inaka Coffee memiliki peracik yang handal membuat minuman mocktail.

“Ada Segar-Segar Nanas Apel, dan ada Red Sparrow. Red Sparrow itu Cold Brew dikasih sirup-sirup stroberi, rasanya segar,” pungkas Fahrul sambil tersenyum.

Baca Lainnya

Topik Populer