Rabu, 16 Juni 2021 16:44

Menikmati Lezatnya Sop Kaki Sapi Bu Hj. Kokoy Cimahi

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Jika Anda sedang berada di Kawasan Jalan Sentral Kota Cimahi dengan kondisi perut keroncongan di waktu makan siang, cobalah untuk mampir mengisi perut di rumah makan Sop Kaki Sapi Bu Hj. Kokoy. Rumah makan sederhana yang terletak di Jalan Sentral No. 27 RT 01/21 Kelurahan Cibabat ini menyajikan menu sop kaki sapi yang berbeda dari yang biasa ditemui. Apa perbedaannya?

“Di sini sop kaki sapi disajikan lengkap dengan tulangnya, ada gendulannya gede,” kata Nur, pemilik Sop Kaki Sapi Bu Hj. Kokoy, ditemui di tempat pada Rabu (16/6/2021).

Selain itu Nur mengatakan, daging sop kaki sapi yang disajikan sangat empuk dan mudah dikunyah. Menu yang tampil beda ini merupakan menu utama dan unggulan di Sop Kaki Sapi Bu Hj. Kokoy, yang telah turut menemani 11 tahun perjalanannya melayani para pembeli.

“Dulu saya tempat jualannya di dekat Alun-Alun, yang sekarang bangunannya dipakai sama Bank BRI. Saya sempat berhenti jualan ketika anak saya sudah beres kuliahnya,” kata wanita paruh baya tersebut.

Meninggalnya sang suami bertahun-tahun lalu membuat Nur memutuskan untuk kembali membuka bisnis sop kaki sapi ini. Hal tersebut atas saran dari sang adik agar dirinya tidak hanya diam termenung dan memiliki aktivitas rutin.

“Alhamdulillah sampai sekarang masih berjalan, walaupun sekarang pendapatan lagi menurun karena pandemi,” kata Nur yang sejak pandemi menjalankan rumah makan ini bersama seorang keluarganya.

Nur menjelaskan, kesulitan meraup untung di masa pandemi ini agak terbantu dengan kehadiran para Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi yang sering mampir kemari untuk makan siang, mulai dari pegawai hingga kepala dinas.

“Pak Ngatiyana, wakil walikota, juga sering makan siang di sini,” katanya.

Sop kaki sapi ini, menurutnya, dibanderol seharga 33 ribu rupiah per porsi. Untuk menikmati sajian berkuah ini dengan nasi, pelanggan hanya perlu menambah kocek sebesar 4.500 rupiah saja. Harga ini tentunya sebanding dengan porsi yang besar, kualitas dan rasa yang memanjakan lidah.

Lebih lanjut Nur mengatakan, selain menu sop kaki sapi, pelanggan juga bisa menikmati menu lain seperti sop iga, babat, empal, dan paru sapi. Menu non-sapi juga tersedia, antara lain ikan dan ayam kampung.

“Bisa makan di sini, dipesan lewat GrabFood atau Go-Food,” pungkasnya.

Baca Lainnya