Senin, 10 Mei 2021 19:14

Mengulas Jajanan Juara Kang Wandi, Ada Sayap Bakar Cenghar dan Nasi Bakar

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Limawaktu.id – Jika Anda sedang berada di kawasan Jalan Kepatihan Kota Bandung entah itu untuk berbelanja atau hal lainnya, sempatkanlah untuk bersantap di Kang Wandi. Rumah makan yang terletak tepat di seberang Kings Shopping Center ini siap menyuguhi beragam jajanan juara yang memanjakan lidah dan bersahabat dengan kantong. Malam Minggu (8/5/2021) kemarin, Limawaktu.id berkesempatan untuk mencoba dan mengulas dua menu unggulan Kang Wandi, antara lain sayap bakar cenghar dan nasi bakar.

Sayap Bakar Cenghar menjadi jajanan pertama yang dicoba. Ini adalah menu kebanggaan dan eksklusif dari Kang Wandi, yang sampai saat ini tidak dijumpai satupun menu yang serupa di tempat lain. Sesuai namanya, menu ini menyajikan sayap ayam yang dibakar dan ditusuk, dengan rasa yang diklaim membuat kantuk hilang dan badan segar atau yang disebut cenghar dalam bahasa Sunda.

Potongan sayap ayam dibakar dengan tingkat kematangan yang sempurna sehingga dagingnya mudah dilepaskan dari tulang dan dirobek dengan jari tangan. Ketika dikunyah dalam mulut, tekstur lembut dan rasa pedas nan gurih bercampur dengan sempurna. Dengan sensasi tersebut, rasa lelah dan letih yang dirasakan setelah seharian menjelajahi kawasan Kepatihan dijamin hilang seketika, dan pelanggan akan kembali cenghar. Menu yang satu ini wajib untuk dicoba. Pokoknya, makan di Kang Wandi akan terasa kurang afdol jika tidak memesan Sayap Bakar Cenghar.

Jajanan berikutnya adalah Nasi Bakar Ayam, disajikan dalam balutan daun pisang yang menutupi segepok nasi dan irisan-irisan tipis daging ayam pilihan berkualitas, lengkap dengan beberapa helai daun kemangi segar yang menebarkan aroma khasnya ketika balutan daun pisang dibuka.

Pada suapan pertamanya, rasa kemangi begitu kuat, demikian halnya dengan irisan dagingnya yang gurih dan tidak terlalu pedas. Nasi Bakar Ayam ini lebih nikmat disantap dengan kondimen Karedok Leunca yang kadar pedasnya bisa di-request sesuai selera. Karenanya, menu ini sangat pas dan bersahabat untuk pelanggan yang menggemari rasa pedas dan yang tidak. Nasi Bakar ini dibanderol seharga Rp 10.000 per porsi dan tersedia dalam tiga varian, yakni ayam, cumi-cumi, dan ikan tongkol.

Selain dari jajanan unggulan di atas, Kang Wandi juga menyuguhkan jajanan lain yang tidak kalah menarik dan tentunya murah. Di main dish ada ayam bakar, ayam goreng dan pepes ayam dengan harga Rp 17.000 per porsi. Sebagai pelengkapnya, ada tahu-tempe, cimplung, ati ampela, kepala, ceker, dan lain sebagainya. Ada juga jajanan ringan berupa pastel, risoles, pisang tanduk dan lemper bakar yang dijual di atas gerobak Kang Wandi, yang terletak persis di depan rumah makan. Pelengkap dan jajanan ringan ini dibanderol dengan harga di bawah Rp 5000.

Menu yang beragam, unik dan berbanderol murah ini tampaknya menjadi andalan Kang Wandi dalam menarik minat para pelanggan untuk mengobati rasa laparnya di sini. Seperti Siska dan Talita, dua gadis hijaber remaja cantik yang mampir kemari untuk menikmati nasi timbel, ayam bakar dan sate usus.

“Rasanya enak, tempatnya strategis, deket sama pusat perbelanjaan,” komentar Siska yang mengaku ingin mencoba Sate Lilit, salah satu menu spesial Kang Wandi.

Gadis asal Purwakarta itu mengatakan, harga yang ditawarkan Kang Wandi sangat murah. Dirinya merekomendasikan untuk mencoba menu nasi bakar, yang sayangnya belum sempat mereka nikmati karena sudah habis terjual.

“Saya kasih nilai 9 aja,” kata Siska, saat ditanya mengenai skor untuk Kang Wandi dari 1-10.

Di sisi lain, keunggulan Kang Wandi di atas terbukti membuat pelanggannya “dedeuieun” atau ingin datang kembali ke sini, seperti pada slogannya. Tidak hanya Siska dan Talita yang berencana akan datang lagi untuk mencoba menu yang belum kesampaian, ada pula pelanggan yang mengaku sudah datang berkali-kali ke Kang Wandi. Adalah Cucu, seorang ibu lanjut usia yang datang kemari untuk kali kelima bersama keluarganya.

“Harganya terjangkau dan menunya enak, tempatnya juga strategis dan enak (nyaman, red),” katanya.

Sebagai tambahan, Kang Wandi juga memiliki beberapa menu spesial yang hanya bisa dipesan secara pre-order sehari sebelum kunjungan. Menu tersebut antara lain Nasi Bakar Spesial, Nasi Jinggo khas Bali varian Spesial, Reguler dan Mini, Sate Lilit, serta Ayam Goreng Sambal Dadak. Jika Anda berminat untuk mencobanya, dapat melakukan pemesanan ke Kang Wandi melalui nomor 0812 2221 5307.

Baca Lainnya