Kamis, 29 Juli 2021 23:38

M Coffee & Eatery Cimahi Manjakan Pecinta Kopi di Masa Pandemi

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin

Limawaktu.id – Bila Anda seorang pecinta garis keras minuman kopi dan tengah berada di kawasan Tagog Kota Cimahi, sempatkanlah untuk memesan kopi di M Coffee & Eatery Cimahi. Terletak di Jalan Jenderal Amir Machmud, Kecamatan Cimahi Tengah, tepatnya di sebelah toko perlengkapan outdoor Kawani, kedai kopi yang satu ini siap menyajikan beragam jenis minuman kopi berkualitas dengan harga terjangkau.

Di M Coffee & Eatery Cimahi, pelanggan tidak hanya akan mendapatkan kopi hasil racikan sang barista, tetapi juga mendapatkan suasana yang nyaman teriring alunan musik yang cerah berenergi, serta kencangnya koneksi WiFi yang memanjakan diri.

“M Coffee & Eatery ini sudah dibuka sejak Februari 2020, tepatnya sebulan sebelum pandemi (COVID-19, red), jadi sekarang sudah hampir 1,5 tahun berjalan di masa pandemi,” kata Lungguh Relifia, barista M Coffee & Eatery Cimahi, dijumpai pada Kamis (29/7/2021).

Kedai yang mendapatkan namanya dari inisial nama depan sang owner, Moon Jung Hoon ini, menurut Lungguh, seringkali melayani pelanggan yang sebagian besar merupakan pegawai kantor-kantor perusahaan perbankan yang terletak tidak jauh dari kedai. Mereka biasa memesan kopi kemari untuk menemani waktu senggangnya.

Lungguh menjelaskan, M Coffee & Eatery menyajikan beragam jenis minuman kopi, beberapa di antaranya adalah Ice Coffee M, Ice Coffee Regal, Caramel Machiato, Cappucino, Vietnam, dan Double Espresso. Dari menu-menu itu, jelasnya, Ice Coffee M yang merupakan es kopi susu berpemanis gula aren menjadi best seller alias menu yang paling banyak dipesan.

Ia juga menambahkan, di samping kopi sebagai sajian utama, M Coffee & Eatery juga menyuguhkan beberapa menu non-kopi, yang terdiri dari minuman cokelat, Lemon tea, Green Tea, Thai Tea, Ice Tea, dan lainnya.

Selain itu, pelanggan dapat memesan beragam makanan dan cemilan, di antaranya nasi goreng, nasi gepuk, nasi rendang, pisang keju, roti bakar dan masih banyak lagi. Pelanggan dapat menikmati hidangan-hidangan tersebut dengan merogoh kocek mulai dari 8 hingga 25 ribu rupiah.

“Untuk harga minuman itu paling tinggi 21 ribu rupiah yakni Caramel Machiato, lalu Ice Coffee Regal, Ice Coffee Jelly dan Cafe Mocha. Sisanya seperti Ice Coffee M dan minuman-minuman non kopi harganya 19 ribu ke bawah,” kata Lungguh.

Terkait dampak PPKM Darurat yang kemudian diperpanjang dengan PPKM Level 4 yang berlaku di Kota Cimahi hingga 2 Agustus mendatang, pria 31 tahun itu mengaku M Coffee & Eatery mengalami penurunan omset. Terlebih, pandemi COVID-19 yang masih berlangsung ini seolah turut membayangi perjalanan kedai ini sejak satu bulan beroperasi.

“Beberapa bulan yang lalu ada PPKM (Mikro, red) yang melarang pelanggan untuk dine in dan harus take away, itu tentu saja mempengaruhi penjualan di kedai ini,” katanya.

Sebagai strategi meminimalisir penurunan omset sembari mematuhi kebijakan yang ada, Lungguh mengatakan pihak kedai untuk sementara melakukan penyesuaian jam operasional, dari yang awalnya buka mulai jam 10 pagi hingga jam 10 malam menjadi jam 8 pagi hingga jam 7 malam. M Coffee & Eatery Cimahi buka dari Senin hingga Sabtu dan saat ini hanya melayani pesanan take away

“Harapan saya, pemerintah segera mengatasi pandemi ini dengan baik, agar mereka yang memiliki usaha seperti ini bisa berjalan lancar sehingga tidak mempengaruhi kondisi perekonomian rakyat,” pungkasnya.

Baca Lainnya