Jumat, 17 Maret 2023 15:22

JQR Salurkan Dana Pendidikan Buntut Aksi Inspiratif Siswa Tasikmalaya

Penulis : Iman Nurdin
Aksi urunan untuk membeli sepatu buat siswa SMP Tasikmalaya menjadi kisah inspiratif. i
Aksi urunan untuk membeli sepatu buat siswa SMP Tasikmalaya menjadi kisah inspiratif. i [istimewa ]

Tasikmalaya, limawaktu.id.-  Kisah inspiratif dari para siswa SMP di Tasikmalaya, Jawa Barat ramai diperbincangkan di jagat media sosial. Aksi udunan  (urunan dalam bahasa Sunda) yang diperlihatkan para siswa tersebut mereka lakukan dengan membelikan sepatu baru untuk teman kelasnya yang selalu memakai sepatu yang sudah bolong.

Kisah inspiratif ini datang dari siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Tasikmalaya. Dari urunan satu kelasnya itu, mereka berhasil mengumpulkan uang sebesar Rp 200 ribu dan dibelikan sepatu baru untuk temannya yang diketahui bernama Yandi.

Sebelumnya, aksi urunan satu kelas ini diinisiasi oleh temannya bernama Rafi. Karena Yandi setiap harinya selalu datang ke sekolah dengan menggunakan sepatu bolong.

Maka Rafi dan teman kelasnya urunan dan membeli sepatu baru untuk Yandi. Sementara itu, aksi inspiratifnya membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengintruksikan Jabar Quick Response untuk memberikan apresiasi kepada Rafi dan teman-teman sekelasnya itu.

Perwakilan Jabar Quick Response Mahesa El Gasani mengungkapkan setelah menemui Rafi, Yandi dan teman-temannya beserta para gurunya mengakui bahwa inisiatif urunan yang dilakukan anak didiknya itu tanpa sepengetahuan guru dan memang anak didiknya itu memiliki jiwa saling tolong menolong yang sangat tinggi.

"Jadi memang mereka satu kelas ini kompak, guru-gurunya bahkan Wali Kelasnya mengakui kekompakan anak muridnya itu tidak harus di suruh-suruh," ungkap Esa.

Sementara itu, JQR bersama Yayasan Rumah Yatim mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan dana pendidikan sebesar Rp 25 juta, yang nantinya uang tersebut akan diberikan kepada Yandi dan temannya serta biaya pengobatan orang tua Zaki teman sekelasnya yang sedang mengalami sakit. Sementara itu, sisa uang akan digunakan sekolah untuk membuat aksi sosial dan kegiatan-kegiatan kemanusiaan sesuai dengan amanat Gubernur Jabar Ridwan Kamil dengan tujuan agar siswa-siswi tersebut dilatih untuk terus berbuat baik.

Esa berharap aksi yang dilakukan Rafi beserta teman sekelasnya itu dijadikan contoh untuk para pelajar lainnya.

Baca Lainnya