Minggu, 10 April 2022 4:19

Java Halu Coffee Bandung Barat Mendunia di Ajang Specialty Coffee Expo, USA

Reporter : Iman Nurdin
Java Halu Coffee Mendunia di Ajang Specialty Coffee Expo, USA
Java Halu Coffee Mendunia di Ajang Specialty Coffee Expo, USA [Istimewa]

Boston, USA (limawaktu.id),- Ajang perhelatan kopi internasional Specialty Coffee Expo (SCE) di Boston, Massachusett USA, tengah berlangsung dari 8 hingga 10 April 2022. Even berskala internasional ini diikuti oleh 400 lebih exhibitors.

Even ini dikunjungi 9000 pengunjung yang sudah terdaftar secara online. Perhelatan  ini pun dinilai  strategis sebagai panggung perkenalan Kopi Indonesia, khususnya kopi Bandung Barat, Jawa Barat.

Salah satu peserta di ajang bergensi ini adalah pelaku usaha, petani sekaligus expert processor kopi asal Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

"Para pelaku industri kopi di dunia datang ke sini untuk dapat masuk ke Area Expo perlu registrasi detail dan membayar sekitar USD450. Jadi   bukan pengunjung biasa," kata Rani Mayasari, owner Java Halu Coffee.

Menurut Rani, Java Halu Coffee mendapat  menjadi salah satu peserta eksibisi internasional dari UKM yang sebelumnya lolos dari seleksi kurasi Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) RI. Kesempatan ini menjadi ajang untuk memperkenalkan Kopi Bandung Barat di Amerika Serikat untuk Dunia

Selain itu, Rani yang expert processor ini mengatakan, ajang ini membawa serta nama besar petani kopi dan perempuan Indonesia untuk dapat dikenal lebih dekat oleh pelaku industri kopi di dunia, khususnya Amerika.

"Saya bersyukur dan bahagia mendapatkan banyak respons positif dari pengunjung yang datang," ujar Rani.

Rani mengaku, booth 119 Java Halu Coffee miliknya didatangi para roaster, cafe owner, dan importir. Mereka berdiskusi dengannya tentang kopi dan prosesnya. "Alhamdulillah, mereka sangat menyukai karakter kopi yang diproduksi oleh Java Halu Coffee," kisah Rani.

Rani mengaku, sampai hari ke-2 even ini berlangsung, sudah dapat 11 buyer potensial yang akan membeli kopi dari Java Halu Coffee dan 9 diantaranya adalah roaster. "Insya Allah, satu kontainer untuk Java Halu Coffee ke Amerika, " ujarnya bangga.

Rani berharap  Java Halu Coffee di ajang Specialty Coffee Expo ini mampu membuka banyak mata pelaku industri kopi dunia tentang kopi Jawa Barat. Terlebih lagi kopi Gununghalu yang diperkenalkan oleh Java Halu Coffee

"Ini menambah kepercayaan diri Java Halu Coffe bersama anggota petani Halu Farm untuk tetap bersama di jalur pertanian dan industri kopi, terus melakukan inovasi untuk kopi yang lebih baik bagi bumi dan umat, " paparnya.

Sedikitnya terdapat 6 owner kopi di Indonesia yang berhasil lolos kurasi Kemenkop UKM RI.   Pihak Kemenkop UKM berhasil memfasilitasi UKM Indonesia yang bergerak pada usaha kopi untuk menembus dan memperluas akses pasarnya ke Amerika Serikat. Mereka menjadi perwakilan kopi Indonesia dalam ajang Specialty Coffee Expo (SCE) 2022 yang dilaksanakan pada tanggal 8-10 April 2022 di Boston Convention and Exhibition Center, Amerika Serikat.

"Saya ucapkan hatur nuhun para petani kopi perempuan Bandung Barat, Bupati Bandung Barat, Gubernur Jawa Barat, Menteri Kemenkop UKM, Laznas BSMU, BCA, dan Specialty Coffee Expo hingga saya bisa ikut ajang ini, " pungkasnya.


Peningkatan industri kopi


Pada kesempatan itu, Konsulat Jenderal RI di New York DR. Arifi Saiman, M.A menyambut baik fasilitasi pelaku usaha kopi asal Indonesia. Apa yang dilakukan Kemenkop UKM diharapkan mendorong peningkatan industri kopi di tahun berikutnya.

“Untuk menyambut green business di tahun 2025 di USA, diharapkan pelaku UMK menyiapkan kemasan yang ramah lingkungan sehingga dapat diterima oleh pasar Amerika Serikat,” tambah Arifi.

Menurut Arifi, melalui pembinaan dan pendampingan yang tepat, serta adanya sinergi maupun kolaborasi dengan pemangku kepentingan. Dirinya optimis melalui Kemenkop UKM  dapat membuka akses kopi Indonesia ke market internasional dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku UKM.

Baca Lainnya

Topik Populer