Rabu, 6 September 2023 18:45

Ini Dia Pantai-Pantai Eksotis di Kabupaten Sukabumi

Penulis : Muhammad Ankawijaya
Salah satu pantai eksotis di kabupaten Sukabumi
Pantai Ujung Genteng [Istimewa]

Limawaktu.id--kabupaten sukabumi, Jawa Barat, adalah sebuah kabupaten yang berada di bagian selatan Pulau Jawa. Kabupaten Sukabumi berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Cianjur, serta berjarak sekitar 115 kilometer dari DKI Jakarta, dengan waktu tempuh sekitar tiga hingga empat jam, jika menggunakan kendaraan pribadi.

Kabupaten Sukabumi memiliki sejumlah pantai indah sebagai tujuan wisata yang terletak di pesisir Samudera Hindia. Para wisatawan lokal ataupun mancanegara banyak yang mengunjungi kawasan-kawasan pantai di Kabupaten Sukabumi. Pantai-pantai mana saja yang menarik untuk anda kunjungi? Berikut ini adalah 12 pantai indah di Sukabumi yang cocok untuk dikunjungi oleh para wisatawan:

1. Pantai Ujung Genteng

Ujung Genteng merupakan salah satu surga pantai yang terkenal di Sukabumi, Jawa Barat. Keindahan pantai-pantai di daerah ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, terutama bagi mereka yang ingin bersantai dan menikmati keajaiban alam bersama keluarga.

Pantai-pantai di Ujung Genteng memang sangat indah dan unik. Karakteristik pantai-pantai ini termasuk pasir putih yang memikat dan batu karang yang memberikan sentuhan eksotis. Karena lokasinya berada di pantai selatan, pengunjung dapat menikmati keindahan ombak Samudera Hindia yang tenang dan menyegarkan.

Tidak heran banyak wisatawan domestik dan mancanegara yang mendatangi Ujung Genteng untuk menghabiskan waktu liburan mereka. Selain berenang dan berjemur di pantai, pengunjung juga dapat mengeksplorasi keindahan alam sekitarnya, seperti hutan-hutan yang rimbun dan sungai-sungai yang mempesona.

Ujung Genteng benar-benar menjadi destinasi yang sempurna bagi keluarga yang mencari tempat rekreasi yang alami dan eksotis di Sukabumi, Jawa Barat.

 2. Pantai Geopark Ciletuh

Sesuai dengan namanya, letak pantai ini berada di kawasan Geopark Ciletuh. Bagi anda yang suka bertualang, pasti tidak asing lagi dengan kawasan ini. Bagi anda yang masih asing dengan Geopark Ciletuh, kawasan ini berada di bagian barat hingga ke selatan Kabupaten Sukabumi. Geopark Ciletuh berada di arah Selatan Palabuhanratu.

Untuk lokasi pantainya, berada di sebelah barat kawasan Geopark Ciletuh. Jika anda ingin berpetualang sambil menikmati alam Geopark Ciletuh, tidak salah rasanya mendatangi kawasan pantainya.

 3. Pantai Minajaya

Pantai Minajaya, yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi,  merupakan salah satu destinasi yang menarik. Keunikan pantai ini terletak pada hamparan batu karang yang unik dan ombak yang tenang. Ketika cuaca cerah, wisatawan dapat menikmati pemandangan matahari terbenam yang indah serta keindahan suasana pantai pada saat sore hari.

Pantai Minajaya juga merupakan bagian dari Geopark Ciletuh Palabuhanratu, yang menambah daya tariknya sebagai destinasi wisata alam. Terletak di Desa Buniwangi dan Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, pantai ini kini telah mengalami pembaruan yang dapat lebih memanjakan pengunjung dan membuat mereka betah berlama-lama di sana.

Dengan keindahan alamnya yang unik dan fasilitas yang semakin ditingkatkan, pantai Minajaya menjadi tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau bersantai sambil menikmati pesona alam Sukabumi Selatan.

 4. Pantai Cicaladi

Pantai Cicaladi juga dikenal dengan nama pantai Karang Bolong. Dinamai demikian, karena memiliki bebatuan karang yang berlubang. Kawasan pantai ini memiliki ombak besar, sehingga sebaiknya dikunjungi pada pagi hari ketika air laut belum pasang.

Selain menikmati keindahan pantai ini, jangan lupa juga mencicipi santapan ikan segar dari laut yang tersedia di warung-warung seafood di sepanjang bibir pantai, termasuk beragam hidangan olahan dari ikan laut seperti bakso ikan, abon ikan, kerupuk kulit ikan, dan lainnya. Pantai Cicaladi adalah destinasi alternatif yang menarik bagi wisatawan dari Jakarta dan sekitarnya.

 5. Pantai Palabuhanratu

Pantai Palabuhanratu -yang lain menyebutnya ‘pelabuhan’ ratu- terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Palabuhanratu dikelilingi oleh bukit, hutan cagar alam, dan batu karang. Pantai ini dikenal dengan ombak yang kuat, sehingga wisatawan harus berhati-hati saat berenang.

 6. Pantai Gado Bangkong

Pantai Gado Bangkong, terletak di pusat Kota Palabuhanratu, dulunya digunakan sebagai pelabuhan bongkar muat kapal. Saat ini, pemerintah setempat sedang merevitalisasi pantai ini.

 7. Pantai Citepus

Pantai Citepus juga terletak di Palabuhanratu, dengan akses yang mudah dari jalan raya Cisolok-Palabuhanratu. Ombak di pantai ini cukup besar, dan wisatawan dapat menikmati matahari terbenam yang indah.

 8. Pantai Karang Hawu

Pantai Karang Hawu memiliki karakteristik bebatuan karang yang menjorok ke laut, dan nama "hawu" berasal dari bahasa Sunda yang berarti "tungku." Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga perlu berhati-hati. Letak Pantai ini masih di kawasan pantai Palabuhanratu.

 9. Pantai Cimaja

Pantai Cimaja adalah surga bagi peselancar, dengan ombak point break tinggi sekitar tiga hingga empat meter. Ombak Point Break hampir selalu panjang dan konsisten menuju ke arah yang sama. Ini benar-benar tipe ombak yang berkualitas, dan favorit bagi banyak surfer. Oleh sebab itu, banyak kompetisi selancar nasional dan internasional yang diadakan di pantai ini. Pantai ini terletak tidak jauh dari Pantai Karang Hawu.

 10. Pantai Cibangban

Pantai Cibangban memiliki ombak tenang dan pemandangan yang menawan, cocok untuk wisata keluarga. Wisatawan juga dapat menikmati pemandangan laut dari bukit-bukit di sekitarnya. Cibangban terletak di ujung barat deretan pantai kawasan Palabuhanratu, tidak jauh dari jalan raya Cisolok.

 11. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan terletak di Ujung Genteng dan terkenal sebagai tempat berolahraga selancar dengan ombak setinggi tiga meter. Selain wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun sesekali terlihat mendatangi pantai ini. Selain keindahan ombaknya, di sini juga terdapat pusat konservasi penyu.

 12. Pantai Amanda Ratu

Pantai Amanda Ratu, mirip dengan Tanah Lot di Bali, memiliki pulau kecil di lepas pantai dan air laut yang biru jernih. Ada juga gazebo di tepi pantai untuk menikmati panorama. Pantai Amanda Ratu merupakan sebuah kawasan resort yang letaknya bersebelahan dengan muara Cikarang.

 

 

Baca Lainnya