Kamis, 29 April 2021 20:01

Ini Dia Ciri-Ciri Kucing yang Menyayangi Pemiliknya

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Kucing diketahui memiliki beberapa perilaku yang menunjukkan rasa sayang pada pemiliknya.
Kucing diketahui memiliki beberapa perilaku yang menunjukkan rasa sayang pada pemiliknya. [Instagram @lizikridamar]

Limawaktu.id – Siapa yang tidak menyukai Kucing, hewan yang lucu, menggemaskan dan kadang manja pada manusia? Hampir semua orang menyukai binatang berkaki empat ini dan banyak pula yang menjadikannya sebagai hewan piaraan selain dari anjing. Mereka yang memelihara kucing tentu sangat menyayangi hewan tersebut, bahkan pada kucing yang liar sekalipun. Pernahkah terpikir dalam benak, apakah kucing piaraan juga menyayangi pemiliknya?

Para ahli dari Inverse menyatakan, mengetahui perasaan kucing terhadap pemiliknya adalah hal yang cukup rumit karena kucing dikenal sebagai hewan yang kurang penyayang dibandingkan anjing atau piaraan lainnya. Menurut mereka, kucing menyayangi pemiliknya, tetapi mungkin tidak selalu jelas, seperti dikutip Kompas.com dari Martha Stewart.

“Kucing menggunakan beberapa isyarat halus untuk mengekspresikan cintanya kepada pemiliknya, seperti menggosok tubuh dan kepala ke badan kita, tidur di dekat kita, berjalan di samping kita sambil melingkarkan ekornya, dan merawat kita,” jelas Katherine Pankratz, dokter hewan bersertifikat di Animal Behavior Clinic.

Ia menambahkan, kucing-kucing memiliki perilaku afiliasi yang sama, dan dapat ditafsirkan sebagai kasih sayang atau definisi cinta bagi pemiliknya. Di sisi lain, kucing dapat dengan mudah menumbuhkan ikatan dengan pemiliknya sebagai tanda cinta.

"ikatan keterikatan adalah hubungan yang menyenangkan dan penuh kasih sayang antara dua individu. Kucing membentuk ikatan keterikatan dengan pemiliknya, yang mengarah ke pola perilaku tertentu yang menghasilkan efek dasar aman," ungkap Vitale, seperti dikutip Kompas.com.

Efek ini berarti bahwa kucing akan menggunakan pemiliknya sebagai sumber kenyamanan dan perlindungan. Cara hewan piaraan mengungkapkan cinta akan bergantung pada kepribadian mereka.

"Tidak satu pun dari kita yang lebih atau kurang mencintai, kita mungkin mengungkapkannya secara berbeda," pungkasnya.

Baca Lainnya