Selasa, 9 Agustus 2022 19:04

Ingin Kuliah dan PKL Gratis di China, LPK CMI Berikan Penjelasan

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Keterampilan (LPK) Cimahi Media Internusa Denny Noor menyebutkan, pihaknya menemui Kadisnaker Kota Cimahi untuk menyampaikan adanya kesempatan dari negeri China untuk warga Indonesia kuliah dan magang kerja secara gratis di China Taiwan. Hal itu disampaikannya usai menemui Kadisnaker Kota Cimahi Yanuar Taufik di ruang kerjanya, Selasa (9/8/2022).

Menurut dia, sesuai dengan kesepakatan antar Presiden Indonesia Joko Widodo dengan Perdana Menteri China, Pemerintah China memberikan kesempatan kepada warga negara Indonesia yang kurang mampu untuk mengikuti pembelajaran Bahasa Mandarin dan kuliah S1 di negeri China tersebut.

“Sebelum calon mahasiswa menempuh kuliah, selama setahun akan diberikan dahulu pelajaran Bahasa Mandarin oleh dosen asal China yang fasih berbahasa Indonesia,” terangnya.

Selain itu, kata dia, ada juga program Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa smester 4 atau 5  asal Indonesia   untuk melakukan praktek kerja lapangan atau  pemagangan dan selanjutnya  dipekerjakan sebagai tenaga kerja di negeri China.

Pihaknya menyampaikan kepada Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi agar kesempatan baik ini bisa diambil oleh warga Kota Cimahi untuk kuliah maupun bekerja di negeri tirai bambu ini. Selain karena biayanya gratis, biaya hidup di China Taiwan juga ternyata lebih murah jika dibandingkan dengan biaya hidup di Jakarta.  

“Program seperti ini saya pikir sangat positif sehingga kami menyampaikannya kepada Pemerintah Kota Cimahi melalui Kadisnaker pak Yanuar agar peluang ini bisa ditangkap oleh warga Kota Cimahi, maupun Indonesia pada umumnya,” jelasnya.

 Sementara, Staf Balanc Partenrs co.Ltd, sebuah perusahaan Jepang yang ada di Indonesia Iswanto Dunggi mengapresiasi apa yang dilakukan Denny Noor dengan LPK nya. Pihaknya akan mensuport kepada warga untuk bersekolah di Jepang,

“Selain sambil belajar peserta program ini juga bisa bekerja paruh waktu sehingga memiliki bekal untuk biaya hidup disana, selain bisa memperoleh kesempatan mendapatkan beasiswa, ” pungkasnya.  

Baca Lainnya

Topik Populer