Kamis, 23 Desember 2021 15:36

"Campus Day Sumedang" Siapkan Calon Mahasiswa Berwawasan Luas

Penulis : Iman Nurdin
"Campus Day Sumedang" Siapkan Calon Mahasiswa Berwawasan Luas [Dok Campus Day Sumedang 2018]

Sumedang, (limawaktu.id),-- Perkumpulan mahasiswa asal Sumedang menyelenggarakan “Campus Day Sumedang” sebagai ajang penyebarluasan informasi untuk mempersiapkan calon mahasiswa berwawasan luas. Kegiatan ini dirancang sebagai ajang rutin tahunan yang kali ini dalam bentuk online dan offline.

Menurut Agung Widiana Nugraha. Ketua Pelaksana penyelenggaraan kegiatan ini upaya pengembangan dalam mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan mewujudkan nilai pendidikan bagi pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Sumedang, dan bentuk pengabdian mahasiswa bagi manusia berkualitas di Kabupaten Sumedang.

"Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas 12 tahun ajaran 2021/2022 di wilayah Kabupaten Sumedang dan sekitarnya. Kami pun berkolaborasi dengan perguruan tinggi baik negeri dan swasta, dan kedinasan yang di dalamnya terdapat mahasiswa Sumedang di seluruh di Indonesia," ujar Agung.

Kendati demikian, lanjut Agung, kegiatan “Campus Day Sumedang” ini dilaksanakan dengan menyajikan berbagai bentuk kegiatan besar yang tentunya bergerak di bidang edukasi,

“Nantinya akan ada rangkaian kegiatan seperti Sumedang Leader Summit, Try Out, dan Sumedang Education Fair. Dimulai pada Sabtu (18/12) lalu, dengan grand opening secara online melalui zoom meeting, youtube, dan instagram. Selain itu, bentuk kegiatan lainnya seperti keynote dan talkshow dengan para ahli di bidangnya.,” jelanya.

Agung melanjutkan, dalam pelaksanaan talkshow tersebut menghadirkan beberapa pemateri yang membahas beasiswa dalam negeri serta strategi dalam memilih jurusan kuliah. Dilanjutkan dengan kegiatan pra-event yang dilaksanakan pada tanggal 18 Desember 2021-30 Januari 2022. Pada pra-event tersebut tedapat lomba, campaign, serta try out SBMPTN dan Kedinasan.
Try out ini, Agung berharap, dapat mensimulasi pelajar SMA sederajat di Kabupaten Sumedang untuk persiapan ke jenjang yang lebih tinggi. Kegiatan ini akan mengasah kemampuan siswa menghadapi seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) dan Seleksi Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK). Nantinya akan ditutup dengan acara puncak yang akan dilaksanakan secara offline pada tanggal 5-6 Februari 2022 melalui Sumedang Leader Summit untuk peran milenial di bidang pendidikan.

"Selain itu ada pula kegiatan Sumedang Education Fair yang mana berbentuk kegiatan pengenalan serta memfasilitasi siswa asal Sumedang mengenai informasi seputar seluk beluk masuk Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia," tegasnya.

Agung mengatakan, “Campus Day Sumedang” ini diharapkan dapat menjadi wadah dalam pengembangan kapasitas dan kualitas pelajar di Kabupaten Sumedang.

“Dengan berbekal pengetahuan dan skill yang diperoleh selama kegiatan berlangsung, mampu menunjang kesiapan dari para calon mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi. Ini bentuk terobosan baru dalam upaya peningkatan sumber daya manusia yang bermutu dalam bidang pendidikan di Indonesia khususnya Kabupaten Sumedang.,” pungkas Agung.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer