Sabtu, 1 Mei 2021 12:04

Bulu Hewan Piaraan Nempel di Kain, Simak 7 Tips Membersihkannya

Reporter : Lizikri Damar Tanjung Novela Andelin
Bulu Hewan Piaraan Sering Menempel Pada Sofa dan Pakaian.
Bulu Hewan Piaraan Sering Menempel Pada Sofa dan Pakaian. [Catster]

Limawaktu.id – Pemilik hewan piaraan kucing dan anjing pasti sudah terbiasa melihat helai-helai bulu yang menempel di sofa, pakaian dan tempat lain yang dilapisi kain. Meskipun begitu, hal ini tidak boleh dibiarkan. Bulu-bulu mereka dapat menimbulkan masalah kebersihan dan kesehatan terutama bagi orang yang memiliki alergi bulu. Selain itu, semakin lama bulu dibiarkan maka akan semakin sulit pula dibersihkan.

Berikut ini Limawaktu.id sajikan tips menghilangkan bulu hewan di kain yang dirangkum dari Kompas.com.

1.      Lakukan Pencegahan Bulu Rontok

Bulu-bulu yang menempel di kain berakar dari masalah bulu rontok yang dialami kucing dan anjing. Sebelum membersihkan bulu di kain, sebaiknya lakukan pencegahan bulu rontok terlebih dahulu. Gunakan sampo anti rontok dan beri suplemen yang dapat menyehatkan bulu mereka. Selain itu, konsultasikan pada dokter hewan asupan makanan yang tidak membuat bulu mudah rontok.

2.       Kenali Jenis Kain yang Lengket

Dilansir dari The Spruce, beberapa jenis kain seperti wol, korduroi dan suede dikenal lengket terhadap bulu. Ini berarti bulu-bulu yang menempel akan sulit dihilangkan. Sebaiknya hindarkan hewan piaraan tidur di tempat yang berbahan kain tersebut.

3.       Gunakan Uap Panas

Gantung pakaian dan lembabkan dengan clothes steamer atau letakkan di kamar mandi air panas. Uap tersebut akan melembutkan serat kain sehingga bulu mudah disikat. Pastikan menggunakan sikat kain yang lembut.

4.       Gunakan Sticky Clothes Roller

Sticky clothes roller berbentuk seperti roller cat tembok, tapi memiliki lapisan yang lengket. Untuk menggunakannya, cukup gulirkan di permukaan kain dan bulu-bulu akan menempel di permukaan roller. Alat ini bisa didapatkan di pet shop terdekat.

5.       Gunakan Lakban

Benda yang satu ini mudah sekali didapatkan di laci meja rumah. Cukup tempelkan lakban pada permukaan yang dihiasi bulu, kemudian angkat. Lakukan berkali-kali hingga seluruh permukaan kain bebas bulu.

6.       Gunakan Sarung Tangan Karet

Selain lakban, sarung tangan karet juga mudah didapatkan di minimarket atau toko serba ada. Cara penggunaannya, basahi sarung tangan karet dengan air bersih, lalu gesekkan pada kain tempat bulu menempel.

7.       Gunakan cuka

Jika bulu kucing atau anjing menempel di pakaian kotor, rendam pakaian di dalam air yang dicampur cuka. Bahan ini dapat membuat bulu lebih lembut dan mudah diangkat dari kain. Jika sudah bebas bulu, dapat dilanjutkan dengan mencuci pakaian seperti biasa.

Baca Lainnya

Berita Populer