Kamis, 10 Februari 2022 20:15

Bangkitkan Ekonomi, Revitalisasi Wisata Alam Sukabumi Komitmen pada UNESCO

Reporter : Iman Nurdin
Bangkitkan Ekonomi, Revitalisasi Wisata Alam Sukabumi Komitmen pada UNESCO
Bangkitkan Ekonomi, Revitalisasi Wisata Alam Sukabumi Komitmen pada UNESCO [Iman Nurdin]

Kab. Sukabumi (limawaktu.id),-  Pemerintah Daerah Jawa Barat berupaya mempertahankan komitmen dengan UNESCO, lembaga internasional bidang pendidikan dan kebudayaan. Komitmen tersebut dengan meresmikan dua lokasi wisata di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (10/02/2022).

Lokasi wisata diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini, yakni revitalisasi kawasan pantai Karang Hawu dan penataan Curug Sodong di geopark Ciletuh.

"UNESCO menanyakan pada kita, tentang status di geopark ini agar ditingkatkan. Nah, kita berkomitmen, salah satunya dengan meningkatkan fasilitas di  kawasan geopark, " kata Ridwan Kamil.

Ridwan Kamil mengatakan selain bentuk komitmen, revitalisasi kawasan pantai Karang Hawu diharapkan memberi bangkitan ekonomi dan wisata.

"Seiring dengan kebangkitan ekonomi yang kita harapkan akan tumbuh di 2022. Peresmian ini meningkatkan ekonomi dan wisata di Sukabumi, Jawa Barat, " papar Emil, sapaan akrabnya.

Emil  yakin dengan penataan seperti ini Insya Allah bisa membawa peningkatan perekonomian yang luar biasa dan rasa nyaman bagi wisatawan.

"Dengan penataan Karang Hawu ini memberi rasa nyaman untuk nongkrong. Para wisatawan lebih lama nongkrong, lebih banyak lapar, dan lebih banyak jajan, " seloroh Emil.

Dia mengungkapkan, status geopark dari UNESCO ini perlu dipertahankan. Untuk itu, satu persatu merevitalisasi wisata alam di Sukabumi .

"Satu persatu kita revitalisasi, kita sempurnakan. Mudah-mudahan Kabupaten Sukabumi menjadi  potensi wisata alam yang terbesar di Jawa Barat, Nasional bahkan Internasional, " harap Emil.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami   mengatakan, Karang Hawu menjadi destinasi wisata favorit di Pelabuhan Ratu. Selain itu, di kawasan geopark itu, terdapat pula 7 curug yang indah dan potensial.

"Curug Sodong ini memiliki 8 umpakan yang indah. Dengan penataan diharapkan  meningkatkan fasilitas di geopark  dan daya tarik wisata, " paparnya.

Marwan menyambut baik tantangan Ridwan Kamil agar mengajukan anggaran untuk merevitalisasi kawasan wisata alam di Kabupaten Sukabumi. **

Baca Lainnya

Topik Populer