Kamis, 18 Agustus 2022 6:05

Asah Kemampuan Siswa, LPK CMI Gelar Lomba Pidato Berbahasa Jepang

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,-Meningkatkan kemampuan dan kompetensi para siswa kursus Bahasa Jepang, Lembaga Pelatihan dan Kurusus Cimahi Media Internusa setiap dua bulan sekali menggelar Lomba Pidato Berbahasa Jepang bagi para peserta kursus. Dengan cara demikian,  para siswa yang akan mengikuti interview saat akan bekerja atau kuliah di Jepang memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Lomba Pidato Berbahasa Jepang kali ini digelar juga dalam Memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indoneia ke-77, bertempat di Kampus Cimahi Media Internusa, Komplek   Puri Cipageran Indah I Blok F No. 29 Kelurahan Cipageran Kecamatan Cimahi Utara Kota Cimahi, Rabu (17/8/2022).

“Selain mengajarkan Bahasa Jepang, para pengajar disini juga mengajarkan bagaimana budaya Jepang, sehingga kita bisa tahu bagaimana agar kita bisa survive di Jepang,” terang Arina Rahmawati , peserta kursus yang berhasil menyabet  Juara I Lomba Pidato Bahasa Jepang , usai pembagian hadiah.

Menurutnya, apa yang sudah dipelajari dari para pengajarnya di LPK CMI Tersebut dia coba sampaikan dalam Lomba Pidato Bahasa Jepang tersebut dan mengantarkannya menjadi pemenang pertama.

“ Dengan apa yang saya sampaikan saat lomba, tak menyangka saya bisa menjadi juara pertama, “ katanya.

Sementara, Pimpinan LPK CMI Denny Noor menjelaskan, banyak pertanyaan yang disampaikan oleh peserta kursus  terkait dengan Lomba Pidato ini. Digelarnya lomba setiap dua bulan sekali dilakukan bukan tanpa sebab, karena hal itu menjadi salah satu ajang untuk mengasah kemampuan para siswa, meskipun baru sebulan atau dua bulan mengikuti kursus.

“Para siswa banyak yang bertanya tentang alasan digelarnya lomba ini, saya jelaskan jika dengan lomba ini menjadi salah satu usaha dalam meningkatkan kepercayaan diri,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, para siswa juga dilatih untuk terbiasa berbicara dimuka umum. Karena para siswa akan mendapatkan atmosfir yang berbeda ketika berbicara Bahasa Jepang dimuka umum.

“Efek positif dari lomba ini adalah ketika para siswa wawancara dengan pimpinan perusahaan di Jepang, mereka tidak lagi gugup,siswa kami juga ada yang menjadi juara Lomba Pidato Bahasa Jepang se negara Jepang,” bebernya.

Sedangkan Sekretaris Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Kota Cimahi Yusuf Handriyana yang hadir saat penutupan lomba mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh LPK CMI ini, karena merupakan sarana untuk meningkatkan kompetensi untuk bisa bersaing saat para siswa meraih kesempatan bekerja atau melanjutkan kuliah di Jepang.

“Setiap siswa harus bersaing dengan orang lain dan  LPK CMI akan mengantarkan putera-putera terbaik bangsa ini untuk pergi ke Jepang,” tuturnya.

Apa yang dilakukan oleh LPK CMI merupakan upaya yang sangat baik dalam mengentaskan angka pengangguran di Kota Cimahi.

“Saya berharap program ini terus berlanjut karena sangat membantu upaya pengentasan pengangguran di Kota Cimahi,” pungkasnya.  

 

 

 

 

Baca Lainnya