Minggu, 28 November 2021 16:27

500 Pesilat Kota Bandung Adu Ketangkasan di Pentas Pasanggiri

Reporter : Iman Nurdin
500 pesilat adu ketangkasan di Padungdung Bandung 2021
500 pesilat adu ketangkasan di Padungdung Bandung 2021 [Istimewa]

Bandung, (lima waktu.id)-  Perhelatan pasanggiri pencak silat berlangsung di Cipaku, Setiabudi, Kota Bandung. Acara bertajuk "Padungdung Bandung 2021" Ini digelar Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kota Bandung, Minggu (28/11/2021) sebagai upaya melestarikan budaya daerah.


Ketua DPD PPSI Kota Bandung Asep Rohanda mengatakan bahwa pihaknya merasa bertanggungjawab untuk melestarikan budaya warisan Jawa Barat ini. Melalui pasanggiri inj,  harapannya akan pencak silat terus lestari, terlebih lagi di dalamnya terdapat ajaran silaturahmi yang kuat.

"Pasanggiri ini selain menjadi ajang pelestarian budaya, silaturahmi juga sebagai tolok ukur hasil jerih payah para pelatih di masing-masing perguruan (paguron)," kata Asep di sela acara, Minggu (28/11/2021).

Selain pasanggiri, bukti pelestarian lainnya yakni dengan regenerasi para pelaku seni ketangkasan, mulai dari nayaga (pemukul gendang hingga pemukul gong), juri.

Pada juri pun diberlakukan usia maksimal, yakni 50 tahun. Jadi ada pelatihan juri juga untuk regenerasi, dengan begitu kesenian ini terus lestari," kata dia.

"Kesulitannya ada saja, namun tergantung rangsangan yang diberikan. Saat ini ada sertifikasi yang tidak secara langsung menjadi pemicu para peminat seni pencak silat terus ada, bahkan relatif banyak," kata dia.

Sesuai visi dan misinya PPSI terus konsisten menjaga dan melestarikan semuanya sejak dini.

Pasanggiri Padungdung Bandung 2021 tahun ini diikuti 500 peserta dari berbagai kecamatan di Kota Bandung.

"Ada 186 tampilan, dengan tiga kelas pasanggiri, yakni tunggal, ijen dan rampak. Kategorinya ada anak , remaja dan dewasa," kata Asep.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer